Oleh : ArenaQQ

Apa yang harus dilakukan dengan buah yuzu segar? Buat saus celup Jepang yang lezat ini bernama Yuzu Ponzu (Yuzu Pon)! Versi buatan sendiri rasanya jauh lebih enak daripada yang dibeli di toko dan sangat mudah untuk membuat dalam jumlah besar untuk dinikmati nanti!

Mason jar berisi Yuzu Ponzu (Yuzupon) - saus jeruk Jepang.

Yuzu adalah jeruk populer yang kami nikmati selama bulan-bulan musim dingin di Jepang, dan jika Anda mengikuti JOC cukup lama, Anda akan tahu bahwa saya terobsesi dengan buah ini. Teman saya bahkan memberi saya pohon yuzu yang dicangkokkan dua tahun lalu, dan ini adalah tahun pertama pohon saya menghasilkan buah bagi kami.

Yuzu

Sayangnya, satu buah yuzu tidak cukup untuk membuat resepnya, tapi saya beruntung menerima sekantong yuzu segar dari teman saya! Mereka adalah yuzu yang sangat istimewa saat dia memanen di halaman belakang rumahnya. Terakhir kali dia memberi saya banyak yuzu, saya membuat resep Yuzu Marmalade ini bersama mereka. Kali ini, saya memutuskan untuk membuat Yuzu Ponzu atau apa yang kita sebut Yuzu Pon (Yuzu Pon).

Apa itu Yuzu Ponzu

Yuzu ponzu adalah ponzu rasa yuzu. Ponzu (ポン酢) adalah saus jeruk Jepang yang terbuat dari kecap dan jus jeruk.

Ponzu
Ponzu

Di Jepang, Anda dapat menemukan berbagai merek ponzu yang tersedia di toko grosir. Beberapa ponzu terbuat dari beberapa jenis jeruk Jepang yang unik, seperti yuzu, kabosu, daidai, sudachi, dll. Ketika ponzu semata-mata atau sebagian besar dibuat dengan yuzu, kami menyebutnya yuzu pon.

Yuzu

Jika Anda belum pernah melihat atau mencoba yuzu sebelumnya, yuzu (柚子) adalah buah jeruk kecil berwarna kuning atau hijau, berasal dari Cina, tetapi sebagian besar digunakan dalam masakan Jepang dan Korea selama berabad-abad. Rasa Yuzu adalah asam tetapi memiliki aroma yang sangat harum. Alih-alih memakannya sebagai buah, kami biasanya menggunakan kulit dan jus aromatik seperti cara kami menggunakan lemon.

Yuzu memiliki biji besar di dalamnya sehingga Anda mendapatkan jumlah jus yang sangat sedikit dibandingkan dengan lemon. Anda dapat membeli yuzu selama bulan-bulan musim dingin di toko bahan makanan Jepang dan pasar petani setempat.

Tahun lalu sekitar musim ini, teman saya yang lain memberi saya sebotol ponzu yuzu buatan sendiri yang terbuat dari yuzu buatannya dan itu sangat lezat. Saya tahu saya harus membuat ini sendiri dan waktunya telah tiba!

Mason jar berisi Yuzu Ponzu (Yuzupon) - saus jeruk Jepang.

Cara Membuat Yuzu Ponzu

Bahan yang Anda Butuhkan

Yang Anda butuhkan hanyalah bahan dasar Jepang dan yuzu.

Ikhtisar: Langkah Cepat

  1. Masukkan semua bahan ke dalam stoples steril dan rendam selama 24 jam di lemari es.
  2. Tiriskan yuzu ponzu ke dalam saringan halus di atas gelas ukur. Buang katsuobushi dan kombu (Anda dapat menggunakannya kembali untuk membuat bumbu nasi furikake!). Tuang kembali yuzu ponzu ke dalam toples.
  3. Simpan yuzu ponzu di lemari es selama 6-12 bulan. Waktu terbaik untuk menikmati yuzu ponzu buatan sendiri adalah setelah 3-4 bulan.

3 Tips Membuat Yuzu Ponzu

Tip #1: Gunakan toples steril dan peralatan bersih

Apalagi jika Anda berencana membuat yuzu ponzu dalam jumlah banyak atau mencoba menyimpannya dalam waktu lama, pastikan semua peralatan dan toples bersih. Anda tidak ingin ada pertumbuhan jamur di ponzu yuzu berharga Anda nanti!

Tip #2: Gunakan hon mirin atau mirin

Jika memungkinkan, saya sarankan menggunakan hon mirin atau mirin dengan persentase alkohol yang lebih tinggi, bukan bumbu seperti mirin yang memiliki pengawet atau aditif. Jika Anda tidak terbiasa dengan jenis mirin, baca posting ini.

Jika Anda khawatir tentang alkohol dalam mirin, Anda dapat menguapkan alkohol dengan memasak mirin dalam panci selama beberapa menit. Mirin yang hampir bebas alkohol ini disebut Nikiri Mirin (). Saya melewatkan proses ini, tetapi jika Anda memasak untuk anak kecil dan lebih suka menghindari alkohol, Anda pasti bisa memasak mirin terlebih dahulu di atas kompor atau microwave.

Tip #3: Tunggu untuk menikmati selama 3-4 bulan

Tunggu? Saya tahu, saya biasanya tidak bisa menunggu selama ini untuk menggunakan yuzu ponzu saya, dan paling lama saya bisa menunggu adalah 1 bulan.

Alasan mengapa kami menunggu selama 3-4 bulan adalah karena rasa akan memiliki kesempatan untuk menyatu dan melengkapi rasa asam dari yuzu.

Suatu hari ketika saya memiliki banyak yuzu, saya ingin menunggu dan melihat bagaimana rasa yuzu ponzu akan meningkat seiring waktu.

Mason jar berisi Yuzu Ponzu (Yuzupon) - saus jeruk Jepang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Yuzu Ponzu

Apa pengganti yang baik jika saya tidak dapat menemukan yuzu?

Anda masih bisa membuat ponzu (bukan ponzu “yuzu”) dengan jeruk apa pun yang Anda miliki. Saya suka bagaimana saya membuat ponzu buatan sendiri, menggunakan lemon dan jeruk. Ini resep ponzu biasa saya.

Bisakah saya merendam kombu dan katsuobushi lebih lama?

Tentu! Saya pikir Anda dapat dengan mudah merendamnya selama seminggu, dan saya telah melakukannya sebelumnya. Namun, kombu menjadi berlendir (sangat normal) saat Anda membiarkannya lebih lama, jadi terserah Anda. Menemukan keseimbangan yang baik? Saya biasanya curam selama 24 jam.

Bisakah saya membuatnya menjadi vegetarian?

Tentu! Abaikan saja katsuobushi (serpih bonito kering) dari resep ini dan ini vegan! Jangan menghilangkan kombu, karena kombu menambahkan umami ke yuzu ponzu dan Anda tidak ingin kehilangan itu.

Bisakah saya membuatnya bebas gluten?

Gunakan kecap bebas gluten atau kecap tamari.

Tahan berapa lama di kulkas?

Selama Anda menyimpannya di lemari es (dan tidak mengubah resep atau rasio bahan), itu bisa bertahan selama 6 bulan hingga satu tahun. Jangan gunakan air apa pun dan pastikan toples sudah disterilkan. Garam dalam kecap akan mengawetkan bahan dengan baik.

Mengapa Yuzu Ponzu saya berlendir?

Apakah Anda merendam kombu Anda selama lebih dari sehari? Kemungkinan besar karena kombunya dan itu sangat oke dan bisa dimakan. Untuk alasan ini, saya merendam ponzu saya selama 24 jam. Beberapa orang membiarkannya selama seminggu atau bahkan sebulan untuk rasa dashi yang lebih kuat.

Apa yang harus dilakukan dengan semua kulitnya?

Anda harus menyimpan kulitnya dan membuat kulit yuzu! Kami menggunakan kulit yuzu dalam masakan Jepang. Silakan baca posting ini.

Kantong plastik berisi kulit yuzu.

Apa yang Cocok dengan Yuzu Ponzu

Meskipun ponzu sebagian besar dapat digunakan sebagai saus, kami juga menggunakan ponzu sebagai saus, bumbu, atau bumbu. Ini dapat memeriahkan hampir semua hidangan, tetapi rasa jeruk sangat cocok dengan ikan berlemak dan babi.

Anda juga dapat menggunakan yuzu ponzu untuk hidangan berikut.

Mason jar berisi Yuzu Ponzu (Yuzupon) - saus jeruk Jepang.

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Mason jar berisi Yuzu Ponzu (Yuzupon) - saus jeruk Jepang.

Yuzu Ponzu (Saus Celup Rasa Yuzu Jepang)

Apa yang harus dilakukan buah yuzu segar? Buat saus celup Jepang yang lezat ini bernama Yuzu Ponzu (Yuzu Pon)! Versi buatan sendiri rasanya jauh lebih enak daripada yang dibeli di toko dan sangat mudah untuk membuat dalam jumlah besar untuk dinikmati nanti!

Waktu persiapan: 3 menit

Waktu Curam: 1 D

Total Waktu: 1 D 3 menit

Bahan

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: bumbu

Masakan: Jepang

Kata kunci: ponzu, yuzu

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.



Sumber :
AsikQQ
DominoQQ
Cahayapoker

Leave a Reply

Your email address will not be published.