Oleh : Itudomino

Yosenabe adalah hot pot Jepang dasar di mana Anda bisa memasak bahan apa pun—ayam, seafood, tahu, dan semua jenis sayuran—dalam kaldu berbahan dasar dashi yang lezat.

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Mencari resep hot pot fleksibel yang bisa membersihkan sisa sayuran atau daging di laci freezer? Anda harus mencoba Yosenabe (寄せ鍋) atau Hot Pot “Apa Saja”! Hot pot Jepang yang populer ini adalah favorit musim dingin untuk dibuat di rumah karena Anda benar-benar dapat melempar apa saja. Ini adalah makanan yang hangat, beraroma, dan mudah untuk di-boot.

Anda dapat membuat hal-hal sederhana untuk makan malam di hari kerja, tetapi dengan tambahan makanan laut segar, yosenabe dapat dengan mudah menjadi salah satu hot pot paling mewah untuk disajikan di sebuah pertemuan!

Apa itu Yosenabe?

kata semua berasal dari kata kerja yoseru (寄せる) yang artinya “mengumpulkan”. Dan tidak harus (鍋) adalah kata dalam bahasa Jepang untuk “panci” dan digunakan untuk merujuk pada hidangan hot pot. Jadi yosenabe adalah “segalanya hot pot” di mana Anda memiliki semua jenis bahan yang dimasak bersama dalam kaldu mendidih untuk hidangan hangat terbaik.

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Saya juga menyebut yosenabe hot pot gaya bebas karena tidak ada cara yang benar atau salah untuk membuatnya. Anda mulai dengan kaldu dashi sederhana, lalu tambahkan protein pilihan Anda, diikuti dengan sayuran segar dan jamur. Untuk yosenabe, semakin banyak semakin meriah. Campuran bahan-bahannya akan memberi banyak rasa pada kaldu sup!

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Cara Mempersiapkan Yosenabe

Bahan yang Anda Butuhkan

  • Daging: ayam empuk, tapi bisa paha ayam atau daging lain yang Anda suka
  • makanan laut: sablefish, udang, dan kerang Manila, tetapi kerang dan remis juga berfungsi dengan baik
  • Sayuran: kubis napa, daun krisan, wortel, dan negi
  • Jamur: jamur shiitake, shimeji, dan enoki
  • Tahu: tahu keras sedang
  • Kaldu: awase dashi (kaldu kombu + katsuobushi)
  • Bumbu: sake, mirin, kecap, dan garam
  • Hiasan: daun bawang, kulit yuzu, dan shichimi togarashi

Ikhtisar: Langkah-Langkah Persiapan

  1. Buat kaldu.
  2. Siapkan makanan laut dan daging.
  3. Potong sayuran dan jamur.

Alat Memasak untuk Hot Pot

  • Donabe besar (Panci tembikar Jepang) – Anda juga bisa menggunakan oven Belanda yang besar. Saya memiliki gaya donabe yang berbeda dan untuk resep ini, saya menggunakan Pot Tanah Liat Jepang Ginpo Kikka Banko Donabe. Jika Anda menyukai hidangan hot pot (shabu shabu, sukiyaki, kimchi nabe, dll.), ini adalah alat dapur yang bagus untuk dimiliki!
  • Kompor portabel – Saya menggunakan kompor gas propana Iwatani ini. Ini adalah alat yang diperlukan untuk menikmati semua jenis hot pot di rumah.
  • Alat memasak bersama – Sumpit masak panjang, sendok berlubang, sendok takar, dan skimmer jaring halus.
Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Mirin dan Sake Saya Rekomendasikan

Untuk membumbui kaldu sup, Anda membutuhkan mirin dan sake. Sama seperti kecap, kedua bumbu ini sering digunakan dalam resep masakan Jepang. Sangat penting untuk menggunakan mirin dengan % alkohol yang lebih tinggi, dan bukan bumbu seperti mirin atau jenis mirin (baca lebih lanjut tentang berbagai jenis mirin).

Sake hampir selalu digunakan setiap kali kita membuat resep makanan laut dan daging karena alkohol menutupi bau amis/gamey sambil memberikan umami alami yang manis dari anggur beras yang difermentasi.

Saya telah menggunakan Sho Chiku bai Classic Junmai dan Takara Mirin oleh Takara Sake untuk waktu yang lama. Dan saya senang bisa bermitra dengan perusahaan untuk memperkenalkan bahan-bahan Jepang tepercaya untuk meningkatkan masakan Anda!

Sake Takara --Sho Chiku Bai Sake Klasik Junmai dan Takara Mirin

Anda dapat membeli Sho Chiku bai Klasik Junmai dan Takara Mirin di toko kelontong Jepang, toko kelontong Asia, dan beberapa supermarket lokal.

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Cara Memasak Yosenabe Di Meja

Langkah 1: Siapkan meja

Di tengah meja, siapkan kompor portabel untuk panci panas. Pastikan semua orang dapat mencapai pot; jika tidak, saya sarankan menyiapkan lebih dari satu kompor dan panci. Tidak menyenangkan ketika Anda duduk terlalu jauh dari aksi hot pot.

Tempatkan piring-piring bahan di sekitar kompor portabel. Mereka harus mudah diakses oleh semua orang.

Langkah 2: Didihkan kaldu

Pertama, didihkan kaldu. Jika Anda memasak sayuran akar seperti daikon, gobo (akar burdock), dan wortel (jika bukan pita, seperti yang saya lakukan dalam resep ini), mulailah memasaknya sambil memanaskan kaldu. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak.

Langkah 3: Isi panci dengan bahan-bahan tetapi jangan terlalu padat

Setelah kaldu mendidih, tambahkan bahan-bahan ke dalam panci dengan mengaturnya menjadi beberapa bagian sampai panci terisi. Misalnya, simpan kubis napa di satu area, sementara jamur di satu area dan seafood di area lain. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil makanan yang ingin Anda makan.

Selalu ingat—jangan terlalu ramai karena kita akan memasak dan makan dalam jumlah banyak. Hot pot adalah sebuah proses, jadi sediakan waktu untuk memasak sehingga Anda dapat menikmati makanan dengan santai.

Tutup tutupnya dan masak selama 8-10 menit. Tergantung pada bahannya, sayuran hijau akan memasak lebih cepat daripada ayam, jadi perhatikan makanannya. Selama masa tunggu, semua orang dapat menikmati makanan pembuka atau lauk pauk yang disajikan bersama hot pot.

Langkah 4: Sajikan makanan yang dimasak

Itu selalu merupakan isyarat yang baik untuk mengambil makanan dari panci untuk orang-orang yang duduk di sebelah Anda yang mungkin sibuk mengobrol atau makan. Tanyakan apakah mereka tertarik untuk dilayani.

Nikmati makanannya selagi panas. Untuk yosenabe, bahan-bahannya sudah dimasak dalam kaldu yang beraroma, jadi tidak perlu saus celup. Kami menaburkan daun bawang cincang, kulit yuzu, dan/atau shichimi togarashi untuk dinikmati.

Langkah 5: Mulai batch baru

Setelah semua makanan yang dimasak disajikan dan dibersihkan dari panci panas, tambahkan bahan baru. Tutup penutupnya dan mulailah memasak selama 8-10 menit lagi. Tambahkan air jika kaldu di panci kurang. Nikmati dan lanjutkan dengan 2-3 putaran memasak lagi sampai semua bahan habis.

Sebuah meja disiapkan untuk Yosenabe, hot pot kombinasi Jepang.

Memasangkan Sake dengan Mio

Untuk yosenabe, kami telah memasangkannya dengan Sho Chiku Bai Shirakabegura Mio dari Takara Sake. Ini adalah salah satu minuman sake favorit kami untuk dibagikan dengan teman-teman dan dinikmati selama perayaan.

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Jika Anda belum pernah mencoba sake bersoda, kami sangat merekomendasikan mencoba Mio sebagai yang pertama. Itu dibuat hanya dari nasi dan nasi koji tanpa aditif. Profilnya sedikit manis, buah, dan sangat menyegarkan. Banyak dari teman-teman kita yang terkejut betapa lezatnya rasanya dan menjadi penggemar instan. Gelembung kecilnya memiliki tekstur yang mirip dengan sampanye halus dan mengandung alkohol 5% rendah dibandingkan dengan sake biasa.

Karakter lembut Mio melengkapi rasa gurih yosenabe yang berani dengan luar biasa. Minum sake bersoda sambil makan hot pot memunculkan rasa unik dari setiap bahan, dan Mio akhirnya terasa sedikit lebih manis dengan makanan gurihnya. Bagian terbaiknya adalah sake bersoda dingin mendinginkan Anda dan mendorong nafsu makan untuk makan lebih banyak hot pot!

Peralatan makan dari Musubi Kiln

Saya telah bermitra dengan toko online keramik hebat dari Jepang bernama Kiln Musubi. Kamu akan mendapatkan potongan 10 dengan kode kupon BUKU JUSTONECOOK untuk pembelian Anda. Dalam posting ini, saya telah menggunakan:

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Mendaftar untuk Gratis buletin dikirim ke kotak masuk Anda dan tetap terhubung dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram untuk semua pembaruan terbaru.

Donabe (hot pot gerabah) yang berisi daging, makanan laut, dan sayuran.

Yosenabe (Panci Panas Jepang)

Yosenabe adalah hot pot Jepang dasar di mana Anda bisa memasak bahan apa pun—ayam, seafood, tahu, dan semua jenis sayuran—dalam kaldu dashi yang lezat.

Waktu persiapan: 20 menit

Waktu masak: 15 menit

Total Waktu: 35 menit

Bahan-bahan

Untuk Bahan Yosenabet

  • 10 kerang manila (11,4 oz, 325 g; sangat penting untuk mengikuti instruksi ini untuk menyiapkan kerang)
  • 8 udang (8,8 ons, 250 gram)
  • 4 fillet sablefish (gindara) (oz, g)
  • ayam tender (4,6 ons, 130 gram)
  • ½ bagian kubis napa (1,4 pon, 628 g)
  • ½ kelompok shungiku (tong ho/krisan karangan bunga) (4 ons, 125 gram)
  • 1 wortel (2 ons, 60 gram)
  • 1 negi (bawang hijau panjang) (1,4 ons, 40 gram)
  • 1 kelompok enoki (6 ons, 170 gram)
  • 1 jamur shimeji (3,5 ons, 100 gram)
  • 4 jamur shitake (3,2 ons, 90 gram)
  • 1 tahu sedang (tahu saat) (14 ons, 397 gram)
Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

Untuk Mempersiapkan Kaldu Yosenabe

Untuk Mempersiapkan Bahan

  • Kumpulkan semua bahan. Yosenabe cukup fleksibel dan Anda dapat mengganti salah satu bahan yang terdaftar dengan apa pun yang Anda miliki atau ingin makan.

  • Udang: Devein udang dengan mengikuti instruksi ini. Masukkan ujung tusuk sate ke samping sekitar inci (1,3 cm) dari kepala udang (apakah itu cangkang atau lepasnya) dan tarik ujung tusuk ke arah Anda. Ini akan mengangkat vena dan Anda dapat menariknya dengan tusuk sate atau dengan tangan Anda. Jika uratnya putus, maka masukkan lagi sedikit lebih rendah ke arah ekor. Jika Anda tidak dapat menemukan vena, maka jangan khawatir.
  • ayam empuk: Untuk melepaskan tendon, pegang ujung tendon dengan kuat (mungkin gunakan handuk kertas untuk meningkatkan cengkeraman) dan letakkan pisau di atas tendon seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah. Dengan menggunakan pisau untuk menahan ayam di tempatnya, tarik ujung tendon saat Anda mendorong ayam menjauh. Ulangi dengan sisa tender ayam. Kemudian pegang pisau Anda secara diagonal, hampir sejajar dengan talenan, lalu iris tendernya. Metode pemotongan ini memberikan lebih banyak area permukaan sehingga memasak lebih cepat dan menyerap rasa dengan cepat. Teknik pemotongan ini disebut sogigiri dalam bahasa Jepang.
  • Ikan: Potong fillet ikan menjadi dua. Letakkan semua bahan seafood di piring.

  • Kubis Napa: Buang intinya, pisahkan daunnya, dan bilas dengan hati-hati.

  • Potong bagian bawah daun yang keras menjadi potongan/potongan yang lebih kecil.

  • Daun krisan: Potong menjadi potongan 2 inci (5 cm). Negi: Potong secara diagonal menjadi potongan-potongan inci (1,3 cm).

  • Wortel: Menggunakan pengupas sayuran, kupas wortel menjadi pita tipis. Letakkan semua sayuran di piring lain.

  • jamur enoki: Buang bagian bawahnya dan potong menjadi potongan 2 inci (5 cm). jamur shimeji: Buang bagian bawah dan pisahkan.

  • Jamur shitake: Jika mau, Anda bisa melengkungkan tutup jamur shiitake agar terlihat seperti bunga dengan mengikuti instruksi ini.
  • Tahu: Potong menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Letakkan jamur dan tahu di piring lain.

  • bawang hijau: Potong kecil-kecil untuk hiasan.

Memasak Yosenabe

  • Didihkan kaldu. Jika Anda memasak sayuran akar seperti daikon, gobo (akar burdock), dan wortel (jika bukan pita), mulailah memasaknya sambil memanaskan kaldu. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak. Setelah mendidih, tambahkan berbagai macam bahan ke dalam panci dan atur berdasarkan bagian. Misalnya, kelompokkan kubis napa di satu area, sementara jamur di satu area dan seafood di area lain. Dengan cara ini, Anda dapat memilih apa yang ingin Anda makan. Tutup tutupnya dan masak selama 8-10 menit. Perhatikan sayuran hijau. Sajikan lebih awal jika sudah empuk dan siap disantap.

  • Angkat makanan yang sudah dimasak dan nikmati selagi panas. Untuk yosenabe, bahan-bahannya dimasak dalam kaldu yang beraroma; oleh karena itu, kami tidak mencelupkan makanan yang dimasak ke dalam saus seperti shabu shabu. Kami menaburkan daun bawang cincang, kulit yuzu, dan/atau shichimi togarashi untuk dinikmati.

  • Setelah semua bahan yang dimasak disajikan dan dibersihkan dari panci panas, tambahkan bahan baru. Tutup penutupnya dan mulailah memasak selama 10 menit. Tambahkan air jika kaldu di panci kurang.

  • Nikmati dan ulangi 1-2 putaran lagi sampai semua bahan habis.

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Menu utama

Masakan: Jepang

Kata kunci: panci panas, makanan laut

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.



Sumber :
AsikQQ
DominoQQ
ManiaQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.