Oleh : MemoriQQ

Udang rebus yang dimasak dengan kecap asin dan direndam semalaman, hidangan cantik ini menambah warna cerah dan rasa yang lezat pada Osechi Ryori Anda.

Udang rebus di piring hijau.

Mengapa Orang Jepang Makan Udang Rebus untuk Tahun Baru?

Udang dengan warna vermilion cerah membawa keindahan ke dalam pesta Tahun Baru Jepang, Osechi Ryori. Udang ini selalu disajikan dengan kepala dan kulit di atas meja untuk tampilan yang “megah” di atas meja.

Alasan mengapa udang digunakan di Osechi Ryori bukan hanya karena penampilannya yang cantik, tetapi juga menandakan orang tua karena udang memiliki kumis (Kami menyebutnya “tinggi” (kumis dalam bahasa Jepang) tapi sebenarnya antena) dan bungkuk. Jadi makan udang dipercaya dapat memberikan umur panjang yang melambangkan janggut panjang dan punggung yang bungkuk.

Keramik hijau putih berisi udang rebus.

3 Tips Membuat Udang Rebus yang Sukses

1. Devein Udang dengan Shell dan Head-on

Devein bagian belakang udang dengan tusuk sate. Vena mengalir tepat di sepanjang punggung. Masukkan ujung tusuk sate ke samping sekitar inci ke bawah dari kepala udang, dan tarik ujung tusuk ke arah Anda.

Ini akan mengangkat vena dan Anda dapat menarik vena dengan tusuk sate atau dengan jari Anda. Jika uratnya putus, maka masukkan lagi sedikit lebih rendah ke arah ekor. Jika Anda tidak dapat menemukan vena, maka jangan khawatir.

Udang rebus di piring hijau.

2. Udang Rebus Jangan Terlalu Lama

Udang yang terlalu matang tidak enak dan akan menjadi kering dan keras. Sangat penting untuk memasak udang dengan benar. Untuk udang macan hitam standar, Anda hanya perlu memasaknya selama 4 menit, kecuali jika ukurannya jauh lebih kecil atau lebih besar dari ukuran biasanya. Jadi perlu diingat bahwa Anda hanya perlu memasak antara 3,5 hingga 5 menit untuk udang.

Pastikan untuk menempatkan semua udang di dalam panci pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga semua udang selesai dimasak pada waktu yang sama juga. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengantre udang di panci, udang pertama mungkin terlalu matang atau udang terakhir kurang matang (tergantung kapan Anda mulai mengatur waktunya).

Udang rebus di atas keramik Jepang.

3. Saring/Saring Cairan Masak Udang Rebus

Jika Anda bukan peminum kopi, Anda mungkin tidak menyimpan filter kopi. Tetapi jika Anda melakukannya, saya sangat menyarankan untuk menggunakan penyaring kopi atau tisu untuk menyaring cairan masakan saat Anda menyaringnya.

Cairan masakan mengandung lemak dan protein dari udang (walaupun dilakukan penyaringan yang teliti saat memasak). Karena Anda akan merendam udang dalam cairan masak semalaman, cairan masak bersih yang disaring dengan baik akan membantu udang terlihat cantik sebagai hasil akhirnya.

Udang rebus di piring hijau.

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Daftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Udang rebus di piring hijau.

udang rebus

Udang rebus yang dimasak dengan kecap dashi dan direndam semalaman, hidangan cantik ini menambah warna cerah dan rasa yang lezat pada Osechi Ryori Anda.

Waktu persiapan: 10 menit

Waktu masak: 5 menit

Waktu marinasi: 4 jam

Total Waktu: 4 jam 15 menit

Bahan

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

Siapkan udang

  • Dengan cangkang/kepala, buang bagian dalam udang (ikuti langkah 2 dalam tutorial ini) dan bilas dengan cepat di bawah air dingin yang mengalir. Potong ujung runcing kepala dan antena dengan gunting dapur (atau pisau). Potong ekor pada sudut untuk presentasi yang lebih baik (opsional).

mendidih

  • Dalam panci sedang, gabungkan sake dan mirin. Nyalakan api dan didihkan dengan api sedang dan biarkan alkohol menguap.

  • Tambahkan dashi dan kecap asin dan didihkan.

  • Setelah mendidih, kecilkan api hingga mendidih dan masukkan udang ke dalam saus, tekuk dan tahan punggungnya dengan sumpit atau penjepit untuk membuat bentuk Hiragana “つ”. Tambahkan semua udang untuk dimasak secara bersamaan sehingga waktu memasaknya akan sama.

  • Didihkan selama 4-5 menit, skimming sambil memasak dengan api kecil.

  • Setelah matang, segera pindahkan udang ke wadah, simpan cairan rebusan.

  • Saring cairan rebusan, sebaiknya di atas saringan kopi atau saringan super halus, untuk menghilangkan protein dan lemak yang tidak diinginkan (udang terakhir akan terlihat lebih bersih dan cantik). Buang saringan dan biarkan cairan masak menjadi dingin.

  • Setelah cairan rebusan dingin, tuangkan di atas udang. Jangan menuangkan cairan rebusan panas ke udang, ini akan membuat udang terlalu matang. Tutup dan rendam untuk 4 jam atau semalam.

  • Sajikan pada suhu dingin atau suhu kamar untuk Osechi Ryori.

Nutrisi

Kalori: 43 kkal · Karbohidrat: 1 G · protein: 4 G · Gemuk: 1 G · Lemak jenuh: 1 G · Lemak tak jenuh ganda: 1 G · Lemak tak jenuh tunggal: 1 G · Lemak trans: 1 G · Kolesterol: 32 mg · Sodium: 364 mg · Kalium: 32 mg · Serat: 1 G · Gula: 1 G · Vitamin A: 45 IU · Kalsium: 14 mg · Besi: 1 mg

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Menu utama

Masakan: Jepang

Kata kunci: Tahun Baru Jepang, osechi, osechi ryori

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.

Catatan Editor: Postingan ini awalnya diterbitkan pada 30 Desember 2016. Ini telah diterbitkan ulang pada Desember 2021.



Sumber :
YakinQQ
PasarQQ
SegarQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.