Oleh : DewaQQ

Bayi sarden panggang dan biji wijen yang dilapisi saus kecap manis madu, Tazukuri adalah camilan gurih renyah yang biasa disajikan sebagai bagian dari Osechi Ryori. Mereka juga merupakan gigitan kecil yang enak untuk dinikmati dengan bir dingin!

Keramik berbentuk bunga putih berisi manisan sarden (tazukuri)

Saya merasa agak aneh untuk memposting resep makanan Tahun Baru Jepang, Osechi Ryori (おせち料理), sebelum Natal tiba. Tetapi jika Anda setuju lebih baik lebih awal daripada terlambat, saya tahu Anda tidak keberatan saya membagikan resep osechi ryori sekarang karena kedua hari libur ini sangat dekat satu sama lain.

Tahun Baru (Tahun Baru, oshogatsu) adalah hari libur terpenting dan terbesar di Jepang dan saya harap Anda menikmati hidangan tradisional tahun baru Jepang seperti kami. Resep pertama yang ingin saya bagikan untuk seri osechi ryori 2014 adalah Tazukuri.

Tonton Cara Membuat Tazukuri (Mandian Sarden)

Bayi sarden panggang dan biji wijen dilapisi saus kecap manis madu. Biasanya disajikan sebagai bagian dari Osechi Ryori.

Tazukuri – Makanan yang Bermakna Baik & Gurih untuk Osechi Ryori

Tazukuri (田作り) adalah hidangan yang sangat populer untuk Osechi Ryori dan terbuat dari bayi sarden panggang yang dilapisi saus kecap manis. Dimasak dengan api kecil di atas penggorengan dengan biji wijen, baby sarden ini kemudian diaduk dengan sake, kecap, gula, dan madu hingga menjadi karamel dan renyah. Mereka manis, sangat gurih, dan bahkan berdaging, yang menjadikannya camilan yang sangat lezat untuk dinikmati bersama dengan makanan lezat lainnya yang disajikan selama tahun baru.

Ikan sarden bayi memainkan peran penting dalam masakan Jepang. Kami makan Tazukuri pada hari Tahun Baru karena melambangkan panen yang melimpah. Tazukuri (田作り) secara harfiah diterjemahkan sebagai “membuat (作り) padi sawah (田)” karena ikan sarden pernah digunakan sebagai pupuk untuk sawah. Selain Tazukuri, penggunaan umum lainnya untuk sarden bayi termasuk membuat dashi (iriko dashi).

Sejauh manfaat kesehatan, sarden adalah sumber kalsium. Tumbuh dewasa, ibu saya selalu memastikan saya makan beberapa hidangan ini karena bagus untuk tulang yang kuat. Sekarang giliran saya untuk memastikan anak-anak saya makan hidangan ini untuk tulang yang kuat dan merangkul masakan tradisional Jepang.

Keramik berbentuk bunga putih berisi manisan sarden (tazukuri)

Tumbuh di Jepang, kami biasanya membuat Osechi Ryori beberapa hari sebelum Tahun Baru. Alasan untuk ini adalah di masa lalu, sebagian besar toko tidak buka selama 3 hari selama Tahun Baru. Namun, mirip dengan Thanksgiving di AS, makna liburan telah berubah dan sekarang toko buka bahkan pada Hari Tahun Baru di Jepang.

Untuk membuat setiap makanan tetap menarik dan menggugah selera selama tiga hari, Osechi Ryori menyertakan berbagai hidangan yang dapat disimpan selama beberapa hari. Jika Anda menikmati camilan yang gurih dan renyah, Anda tidak ingin melewatkan menu Tazukuri.

Keramik berbentuk bunga putih berisi manisan sarden (tazukuri)

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Keramik berbentuk bunga putih berisi manisan sarden (tazukuri)

Tazukuri (Mandian Sarden)

Bayi sarden panggang dan biji wijen yang dilapisi saus kecap manis madu, Tazukuri adalah camilan gurih renyah yang biasa disajikan sebagai bagian dari Osechi Ryori. Mereka juga merupakan gigitan kecil yang enak untuk dinikmati dengan bir dingin!

Waktu persiapan: 5 menit

Waktu masak: 15 menit

Total Waktu: 20 menit

Bahan

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

  • Kumpulkan semua bahan. Anda juga membutuhkan loyang yang dilapisi dengan kertas roti.

  • Dalam penggorengan (tidak perlu minyak), panggang baby sarden kering dengan api sedang-rendah selama 5-10 menit atau sampai renyah.

  • Tambahkan biji wijen ke dalam penggorengan dan panggang selama 2 menit. Pastikan untuk mengocok wajan terus-menerus agar biji wijen tidak gosong. Saat Anda bisa memecahkan sarden menjadi dua bagian dengan jari-jari Anda, pindahkan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti.

  • Dalam wajan yang sama, tambahkan sake, kecap, dan gula. Beri aduk cepat.

  • Tambahkan madu dan minyak.

  • Didihkan dengan api sedang-rendah dan kurangi saus sampai mengental dan Anda dapat menggambar garis di permukaan panci dengan spatula silikon.

  • Tambahkan sarden kembali ke wajan dan lumuri dengan saus. Setelah sarden terlapisi saus dengan baik, pindahkan kembali ke loyang yang sudah dialasi kertas roti. Oleskan sarden hingga dingin.

Nutrisi

Kalori: 92 kkal · Karbohidrat: 10 G · protein: 8 G · Gemuk: 1 G · Lemak jenuh: 1 G · Lemak tak jenuh ganda: 1 G · Lemak tak jenuh tunggal: 1 G · Kolesterol: 72 mg · Sodium: 313 mg · Kalium: 210 mg · Serat: 1 G · Gula: 8 G · Vitamin A: 107 IU · Vitamin C: 16 mg · Kalsium: 272 mg · Besi: 1 mg

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Hidangan pembuka

Masakan: Jepang

Kata kunci: iriko, osechi, osechi ryori

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.

Catatan Editor: Postingan tersebut awalnya diterbitkan pada 21 Desember 2013. Ini telah diterbitkan ulang pada Desember 2021.



Sumber :
RajaQQ
Jagadpoker
Cahayapoker

Leave a Reply

Your email address will not be published.