Panduan Singkat Untuk Blazor

Di balik setiap situs web atau aplikasi hebat ada banyak pengkodean. Ketika kode itu berat atau terlalu rumit, itu dapat memperlambat kecepatan situs web dan meningkatkan rasio pentalan. Inilah sebabnya mengapa banyak pemasar senang dengan antarmuka pengguna baru dari .NET yang disebut Blazor.

Namanya adalah kombinasi dari “browser” dan sintaks markup .NET Razor, bagi mereka yang akrab dengannya.

Apa itu Blazor, dan apa yang perlu Anda ketahui tentangnya? Inilah run-down cepat yang bahkan non-pengembang dapat mengerti.

Apa itu Blazer?

Blazor adalah antarmuka pengguna yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi front-end menggunakan template C#, HTML, dan Razor. Anda dapat membangun komponen dan halaman yang kemudian dijalankan di server atau langsung di browser. Itu dibangun oleh tim .NET dan sepenuhnya open-source dan gratis untuk digunakan siapa saja.

Penggunaan template, C#, dan HTML membuat pengembangan lebih mudah dan, dalam banyak kasus, lebih cepat.

Apa Itu Blazor - Blazor Digunakan

Apa Itu Aplikasi Blazor?

Salah satu komponen utama platform adalah aplikasi Blazor, yang memungkinkan pengembang untuk menambahkan fitur tanpa mengkodekan setiap langkah. Ini sedikit mirip dengan cara pembuat situs web WYSIWYG memungkinkan pengguna untuk membangun situs web tanpa pengkodean sama sekali.

Namun, dalam kasus ini, ini memungkinkan kode pengembang tanpa JavaScript.

Anda juga dapat menjalankan aplikasi Razor di Blazor.

Cara Menjalankan Blazor: Server atau WebAssembly

Blazor dapat dijalankan dengan dua cara—di server atau menggunakan WebAssembly, yang memungkinkan Anda menjalankannya langsung di sebagian besar browser.

Ada pro dan kontra untuk keduanya. Menggunakan WebAssembly, Anda akan menikmati UX cepat yang didukung offline dan dapat menggunakan CDN. Namun, waktu muat awal bisa lambat, dan Anda mungkin perlu memanggil API, yang dapat memperlambat segalanya.

Jika Anda memilih untuk menggunakan rute server, Anda akan menemukan bahwa orientasi sedikit lebih mudah, dan waktu pemuatan dan rendering lebih cepat. Namun, aplikasi Anda tidak akan berfungsi secara offline, dan perubahan dapat menyebabkan masalah latensi yang besar. Selain itu, mungkin sulit untuk menskalakan aplikasi karena setiap pengguna memiliki koneksi ke server.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Blazor

Blazor memungkinkan pengembang untuk menulis kode sisi klien dalam C# atau HTML, yang berarti Anda tidak perlu tahu JavaScript atau bahasa lain. Ini memudahkan pengembang tunggal untuk mengerjakan sebuah proyek. Itu juga dapat membuatnya lebih mudah dikelola untuk mendelegasikan tugas kepada anggota tim karena mereka hanya perlu mengetahui satu bahasa pengkodean.

Karena kode yang sama digunakan di sisi klien dan server aplikasi, kode hanya perlu ditulis sekali—yang dapat menghemat banyak waktu.

Ada juga beberapa manfaat bagi pemasar.

Blazor dapat membantu pengembang membuat situs yang menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

Render sisi server menjadi standar, yang sangat bagus untuk SEO. Ini memungkinkan bot dari mesin telusur untuk merayapi kode dan situs Anda dengan mudah. Render sisi server meningkatkan waktu muat, jadi ketika situs web dimuat, dibutuhkan beberapa detik untuk muncul di layar. Durasi ini dapat dikurangi jika server mengirimkan semua data yang diperlukan untuk merender halaman ke browser sebelum dimuat.

Menggunakan HTML dan C# juga mengurangi jumlah JavaScript pada aplikasi, yang dapat meningkatkan waktu muat dan mengurangi rasio pentalan.

Bagaimana Blazor Bekerja?

Blazor bekerja dengan menggabungkan C#, HTML, dan aplikasi untuk membuat pengembangan aplikasi lebih mudah. Itu dapat melakukan hampir semua yang dapat dilakukan JavaScript, tetapi Anda tidak harus tahu JavaScript.

Ini menggunakan template Razor untuk membuat komponen yang menghasilkan HTML dan CSS yang dapat dirender oleh browser. Ini sama seperti konten browser lainnya: HTML dan CSS murni, semantik, dan dapat diakses.

Ini berarti Anda dapat menggunakan semua fitur CSS, termasuk kueri media untuk desain responsif, dan properti kustom CSS.

Video dari dotNETConf ini memandu Anda melalui cara membangun aplikasi web full-stack:

Saya juga akan membahas cara mengaturnya di bagian selanjutnya.

Untuk Apa Blazor Digunakan?

Blazor digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web. Ini dapat mencakup aplikasi seluler, halaman web, dan apa pun yang dapat Anda buat dengan JavaScript.

Kerangka kerja ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan sejumlah tugas pengembangan umum, seperti merender komponen dan HTML, mengambil data melalui HTTP, dan perutean sisi klien.

Saat digunakan di browser, ia memiliki akses penuh ke API JavaScript browser. Akibatnya, aplikasi Blazor dapat menggunakan fungsi JavaScript dari metode .NET dan juga metode .NET dari fungsi JavaScript.

Untuk kasus di mana kerangka kerja tidak memiliki API atau komponen tertentu, atau jika pengembang ingin bekerja dengan ekosistem JavaScript, maka interop JavaScript digunakan.

Cara Mengatur Proyek Blazor

Sekarang setelah Anda memahami dasar-dasar Blazor, mari kita bicara tentang cara menggunakan program ini. Seperti yang saya sebutkan di atas, ini adalah program sumber terbuka gratis, jadi Anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Anda juga memiliki akses ke kode sumber melalui GitHub, jika itu yang Anda inginkan.

Anda memerlukan dua hal untuk membuat proyek: platform dan Visual Studio 2019 atau lebih tinggi.

Berikut cara memulai:

Langkah 1: Unduh dan instal Blazor dari halaman Microsoft. Klik tombol “Mulai”.

Cara Mengatur Proyek Blazor

Langkah 2: Instal Visual Studio, jika Anda belum memilikinya. Ini akan memungkinkan Anda melakukan pengkodean yang sebenarnya. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit untuk menginstal dan memuat.

Langkah 3: Jalankan prompt perintah dan jalankan > titik-titik memerintah. Ini akan memverifikasi semuanya diinstal dengan benar. Jika sudah siap digunakan, Anda akan mendapatkan respons seperti ini:

Cara Mengatur Proyek Blazor - Pemeriksaan Prompt Perintah

Langkah 4: Selanjutnya, buka Visual Studio dan pilih “Buat proyek baru.”

Langkah 5: Pilih ASP.NET. Jika Anda belum menginstal Aplikasi Web Inti ASP.NET di Visual Studio, Anda harus menambahkannya.

Cara Mengatur Proyek Blazor - Buat Proyek Baru

Langkah 5: Pada “Configure new project” tambahkan nama, lalu pilih “Create.”

Langkah 6: Di kotak “Buat aplikasi web ASP.NET Core baru”, pilih “.NET Core dan ASP.NET Core 5.0” di menu tarik-turun, lalu “Aplikasi Web” dan “Buat.”

Anda sekarang memiliki proyek yang disiapkan. Sekarang Anda dapat mulai menggunakan aplikasi Blazor untuk melihat cara kerjanya. Meskipun pengkodean sebenarnya berada di luar cakupan artikel ini, saya sangat merekomendasikan tutorial ini dari Microsoft.

Jika Anda ingin bermain-main tanpa mengunduh banyak hal, Anda dapat menggunakan tutorial berbasis browser ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Blazor

Apakah Blazor Layak Digunakan?

Semua tergantung dari kebutuhan Anda. Ini sangat ideal untuk programmer yang tidak menyukai JavaScript, tidak tahu JavaScript, atau tidak ingin memperlambat situs mereka dengan banyak JavaScript. Namun, itu membutuhkan seluruh runtime untuk dikirimkan dan mungkin tidak bekerja dengan browser non-standar dalam beberapa kasus.

Apakah Server Blazor Cepat?

Secara umum, ya. Namun, semua pengguna memiliki koneksi dua arah yang persisten ke server, yang dapat menyebabkan masalah untuk aplikasi yang lebih besar.

Apakah Blazor Mudah Dipelajari?

Jika Anda sudah tahu C#, Anda akan mudah mempelajari Blazor. Mudah, cepat, dan terintegrasi dengan baik dengan ekosistem .NET

Berapa Harga Blazor?

Blazor adalah bagian dari platform .NET open-source, yang berarti tidak ada biaya atau biaya, bahkan jika Anda menggunakannya secara komersial. Itu dibangun dan dikelola oleh komunitas kontributor.

Apakah Blazor Penting untuk Pemasaran?

Blazor tidak mungkin memiliki dampak harian bagi pemasar rata-rata, tetapi ada beberapa manfaat yang harus diperhatikan pemasar.

Ini dapat mempermudah (dan lebih cepat) bagi tim pengembangan untuk membuat halaman atau aplikasi baru. Ini juga memudahkan bot mesin pencari untuk merangkak, yang merupakan bonus untuk pemasaran digital.

Apa Perbedaan Antara Blazor dan Razor?

Razor adalah sintaks markup template untuk .NET. Blazor (yang menggabungkan kata “browser” dan Razor) adalah kerangka kerja yang dapat menjalankan beberapa jenis kode dan mengirimkannya ke server atau browser. Pada dasarnya, ini adalah evolusi dari Razor.

Kesimpulan Blazor

Jika Anda mencari cara untuk merampingkan proses pengembangan—dan sedikit meningkatkan kecepatan halaman—Blazor adalah platform yang hebat. Meskipun lebih dari yang dibutuhkan pemasar rata-rata untuk membangun situs web atau meluncurkan halaman arahan, ini adalah berita bagus bagi pengembang.

Platform yang mudah digunakan membantu merampingkan alur kerja, mengurangi batasan bahasa pengkodean, dan memudahkan tim pengembang untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sudahkah Anda mencoba Blazor? Apa yang paling Anda sukai darinya?

Konsultasi dengan Neil Patel

Lihat Bagaimana Agensi Saya Dapat Mengemudi Besar sekali Jumlah Lalu Lintas ke Situs Web Anda

  • SEO – membuka sejumlah besar lalu lintas SEO. Lihat hasil nyata.
  • Pemasaran Konten – tim kami membuat konten epik yang akan dibagikan, mendapatkan tautan, dan menarik lalu lintas.
  • Media Berbayar – strategi berbayar yang efektif dengan ROI yang jelas.

Pesan Panggilan

Daftar link pokermaya
Daftar link rajacapsa
Daftar link rajadomino
Daftar link rajapoker88
Daftar link rajaqq

Leave a Reply

Your email address will not be published.