Oleh : MemoriQQ

Dengan kubis napa, tahu goreng, jamur, dan mochi yang direbus dalam kombu dashi, Mizore Nabe adalah hot pot Jepang yang dimasak dengan parutan daikon. Lobak putih menyerupai hujan es musim dingin (mizore dalam bahasa Jepang), di mana hot pot mendapatkan namanya. Makanan yang sempurna untuk menghangatkan diri di musim dingin!

Panci panas elektrik berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

Berapa banyak gaya hot pot Jepang yang sudah Anda coba? Apakah Anda siap untuk menambahkan favorit baru lainnya ke lineup Anda? Izinkan saya memperkenalkan Mizore Nabe (Mizore nabe)— hot pot beraroma yang menampilkan lobak daikon parut. Ini bergizi dan akan membuat Anda tetap nyaman dan hangat sepanjang musim dingin.

Apa itu Mizore Nabe?

Mizore nabe (みぞれ鍋) adalah hot pot Jepang dengan tambahan lobak daikon parut. Tumpukan daikon parut yang banyak ditambahkan ke bagian atas sayuran dan jamur (saya biasanya menempatkan lobak tepat di tengah).

Panci panas elektrik berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

Setelah mendidih, daikon meleleh dengan cepat dan menjadi transparan seperti hujan es atau salju yang jatuh! Inilah sebabnya mengapa hot pot juga disebut yukinabe (雪鍋)—secara harfiah “panci panas bersalju.”

Sebagai sayuran musim dingin yang populer, daikon tidak hanya menghadirkan karakter musiman yang unik pada nabe, tetapi juga memberikan rasa manis pedas pada kaldu.

Berbicara tentang makanan musim dingin, beberapa orang bahkan mendekorasi dan membentuk parutan daikon menjadi manusia salju atau beruang kutub untuk menonjolkan hot pot!

Gambar milik Musubi Kiln.

Cara Memasak Mizore Nabe

Untuk memasak mizore nabe, Anda bisa menggunakan sayuran hot pot khas seperti kubis napa, wortel, sayuran hijau, dan pilihan protein Anda seperti tahu, irisan daging, atau bakso. Tambahan khusus lainnya yang saya suka masukkan ke dalam campuran adalah kiri mochi, kue beras Jepang, untuk menambah tekstur. Saya biasanya menyimpan mochi kiri untuk Tahun Baru Jepang dan hot pot adalah cara yang bagus untuk menghabiskan semua mochi.

Bahan yang Anda Butuhkan

  • Sayuran: lobak daikon, kubis napa, wortel, mizuna, negi (daun bawang panjang)
  • Daging: pilihan khasnya adalah perut babi yang diiris tipis atau pinggang babi (digunakan untuk shabu shabu babi). Dalam resep ini, saya menggunakan daging babi shabu shabu.
  • Jamur: shimeji, shiitake
  • Tahu: aburaage (kantong tahu goreng)
  • mochi: kiri mochi (kue beras)
  • Kaldu panci panas: kombu dashi, sake, mirin, kecap asin, garam
  • saus celup: ponzu dan daun bawang cincang

Ikhtisar: Proses Memasak

  1. Buat kaldu hot pot. Masukkan semua bumbu ke dalam kombu dashi.
  2. Potong sayuran, jamur, dan tahu. Parut lobak daikon.
  3. Tambahkan semua bahan ke dalam panci dan letakkan daikon parut di atasnya.
  4. Masak selama 10 menit, atau sampai bahannya empuk.
  5. Masak daging yang diiris tipis dalam panci selama 15-30 detik. Nikmati hot pot dengan saus ponzu.
Panci panas elektrik berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

3 Tips untuk Membuat Grating Daikon

Tip #1: Dapatkan lobak daikon yang tebal dan besar

Daikon (lobak Jepang) |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com

Lobak daikon sedang musim selama musim dingin, dan Anda dapat dengan mudah menemukan daikon tebal, gemuk, dan besar di pasar. Bagian atas daikon yang berwarna kehijauan tepat di bawah bagian berdaun adalah bagian termanis dari daikon. Saat Anda berada di toko kelontong, pastikan untuk memilih yang bagus!

Jumlah enzim yang terkandung dalam lobak daikon dikatakan sebagai salah satu yang tertinggi di antara sayuran. Mengapa enzim itu baik? Anda dapat membaca lebih lanjut di sini.

Tip #2: Gunakan “Oni Oroshi” (Parut Setan)

Oni Oroshi

Ada parutan khusus untuk memarut daikon di Jepang dan disebut oni oroshi (鬼おろし), atau parutan iblis. Bilahnya lebih kasar dan lebih bergerigi daripada parutan biasa, dan dinamai demikian karena bentuknya seperti gigi iblis. Parutan biasanya terbuat dari bambu dan berbentuk kipas segitiga atau persegi panjang.

Dengan bilah yang lebih kasar, oni oroshi melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memarut daikon, menghasilkan tekstur lapang yang lembut. Biasanya, parutan daikon mengandung banyak air (jus), tetapi dengan oni oroshi, Anda akan memiliki lebih sedikit uap air yang keluar dari daikon. Daikon parut dikenal kurang pedas saat Anda menggunakan oni oroshi untuk tugas itu.

Sayangnya, oni oroshi tidak tersedia di Amazon dan saya tidak memilikinya…jadi saya menggunakan parutan keramik favorit saya sebagai gantinya. Jika Anda menyukai parutan daikon dan menemukan parutan ini di Jepang atau toko online, Anda mungkin ingin mendapatkannya!

Tip #3: Tiriskan cairan daikon

Mizore Nabe-langkah demi langkah-41

Karena saya tidak menggunakan oni oroshi, daikon mengeluarkan banyak air saat saya memarutnya. (Sangat disayangkan, oleh karena itu, sangat layak untuk mendapatkan oni oroshi!)

Kelembaban yang berlebihan akan mengencerkan kaldu, jadi Anda perlu dengan lembut memeras airnya. Anda tidak perlu menekannya dengan keras.

Bahan hot pot ditempatkan di beberapa piring di sebelah hot pot listrik Zojirushi.

Cara Menyiapkan Mizore Nabe di Meja Makan

Atur meja dengan menempatkan pot di tengah meja dan pastikan dapat dijangkau dari setiap kursi. Di sini, saya menyiapkan Wajan Listrik Gourmet d’Expert® favorit saya oleh Zojirushi di atas meja.

Wajan Listrik Gourmet d'Expert® EP-RAC50

Ini adalah wajan listrik serbaguna dengan dua panci masak; A panci yang dalam untuk makanan jenis sup seperti sukiyaki dan fondue, dan piring datar untuk memanggang daging dan sayuran (Lihat di bawah). Ini juga termasuk piring kukus untuk mengukus makanan.

Zojirushi Gourmet d'Expert® Electric Skillet untuk panggangan dalam ruangan seperti yakiniku dan teppanyaki

Semua bahan yang disiapkan harus di piring besar atau piring kecil dan ditempatkan di sekitar hot pot. Sebotol saus ponzu dan mangkuk kecil untuk saus celup harus disiapkan. Anda juga perlu membawa peralatan masak bersama (sendok, skimmer halus, sumpit panjang, dll.) dan mangkuk individu.

Saat semua orang berada di meja, tambahkan bahan-bahan ke dalam kaldu yang mendidih di dalam panci dan masak selama 10 menit, atau sampai setiap bahan matang. Sambil menunggu, orang bisa menikmati lauk pauk kecil beserta minumannya.

Biasanya, ada lebih banyak bahan daripada yang bisa Anda masukkan ke dalam panci, jadi tambahkan ke dalam panci secara bertahap saat Anda makan. Tidak ada “aturan hot pot” resmi, tetapi adalah sopan untuk mengambil dan membagi semua makanan yang dimasak sebelum menambahkan bahan mentah atau mentah ke panci yang sama. Ini juga dianggap sebagai isyarat yang baik untuk mengambil beberapa makanan dari panci dan menyajikannya kepada orang yang duduk di dekat Anda.

Memasak irisan daging babi dalam panci panas listrik yang berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

Memasak Daging Irisan Tipis Dalam Hot Pot

Hebatnya memasak daging untuk hot pot adalah kita biasanya menggunakan daging sapi atau babi yang diiris tipis yang bisa dimasak dalam sekejap. Untuk mizore nabe yang khas, digunakan perut babi yang diiris tipis atau babi shabu shabu (pinggang babi setipis kertas). Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memasak:

  • Jika daging Anda beku, pastikan daging dicairkan sepenuhnya semalaman di lemari es.
  • Tambahkan irisan daging hanya saat kaldu mendidih.
  • Jangan memasak terlalu banyak irisan sekaligus. Di rumah saya, satu orang menambahkan beberapa potong daging ke dalam panci—satu hingga dua potong per orang—dan setiap orang bertanggung jawab untuk memasak daging mereka sendiri.
  • Masak daging selama 30 detik atau lebih sampai tidak lagi berwarna merah muda.

Lewati Daging Untuk Hot Pot Vegan/Vegetarian

Untuk resep Mizore Nabe saya, saya menggunakan kombu dashi untuk membuat kaldu vegan/vegetarian. Kombu adalah rumput laut kering, sejenis rumput laut, yang mengandung satu ton umami sehingga Anda tidak akan melewatkan rasanya!

Cukup tinggalkan irisan daging babi untuk hot pot vegan atau vegetarian.

Panci panas elektrik berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

Celupkan ke Saus Ponzu untuk Menikmati!

Kami menikmati makanan yang dimasak dengan mencelupkan ke dalam saus ponzu. Ponzu (ポン酢) adalah saus berbahan dasar jeruk dengan rasa asam yang mirip dengan vinaigrette. Ini berisi campuran ponzu (jus jeruk sudachi, yuzu, dan kabosu dan cuka), kecap, gula atau mirin, dan dashi.

Ponzu

Anda dapat membeli sebotol saus ponzu atau membuatnya sendiri.

Keramik Jepang berisi Saus Ponzu Buatan Sendiri.  Itu di atas nampan bersama dengan semua bahan yang digunakan untuk saus.
Ponzu buatan sendiri

Peralatan makan dari Musubi Kiln

Saya telah bermitra dengan toko online keramik hebat dari Jepang bernama Kiln Musubi. Kamu akan mendapatkan potongan 10 dengan kode kupon BUKU JUSTONECOOK untuk pembelian Anda. Dalam posting ini, saya telah menggunakan:

Panci panas elektrik berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Panci panas elektrik berisi Mizore Nabe, panci panas Jepang dengan parutan daikon.

Mizore Nabe (Panci Panas dengan Parutan Daikon)

Dengan kubis napa, tahu goreng, dan jamur yang direbus dalam kombu dashi, Mizore Nabe adalah hot pot Jepang yang dimasak dengan parutan daikon.

Waktu persiapan: 20 menit

Waktu masak: 20 menit

Total Waktu: 40 menit

Bahan

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

Untuk Membuat Kaldu Hot Pot

  • Dalam panci besar (panci berat, donabe, atau panci listrik panas seperti ini), tambahkan air dan kombu.

  • Tambahkan sake, mirin, kecap asin, dan garam ke dalam panci. Campur semuanya menjadi satu dan sisihkan.

Untuk Menyiapkan Bahan Hot Pot

Untuk Membuat Panci Panas

  • Didihkan kaldu dengan api sedang. Jika Anda menambahkan potongan sayuran akar (wortel, gobo, dll.), mulailah memasaknya sambil memanaskan kaldu. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak. Sesaat sebelum direbus, buang kombunya (atau gunakan nanti untuk bumbu nasi furikake atau kombu rebus).
  • Setelah mendidih, tambahkan berbagai macam bahan ke dalam panci dan atur berdasarkan bagian. Misalnya, kelompokkan kubis napa dalam satu area sedangkan jamur tetap di satu area. Dengan cara ini, Anda dapat memilih apa yang ingin Anda makan. Tutup tutupnya dan masak selama 8-10 menit. Perhatikan sayuran hijau. Sajikan lebih awal jika sudah empuk dan siap disantap. Celupkan makanan yang dimasak ke dalam saus ponzu untuk dinikmati. Untuk memasak daging, tambahkan beberapa potong daging babi ke dalam kaldu yang mendidih dan masak selama 30 detik. Jangan terlalu matang. Setelah semua bahan yang dimasak disajikan dan dibersihkan dari panci panas, tambahkan bahan baru. Tutup penutupnya dan mulailah memasak selama 10 menit. Tambahkan air jika kaldu di panci kurang. Ulangi 1-2 putaran lagi sampai semua bahan habis.

Nutrisi

Kalori: 365 kkal · Karbohidrat: 46 G · protein: 33 G · Gemuk: 5 G · Lemak jenuh: 2 G · Lemak tak jenuh ganda: 1 G · Lemak tak jenuh tunggal: 2 G · Lemak trans: 1 G · Kolesterol: 75 mg · Sodium: 669 mg · Kalium: 1519 mg · Serat: 7 G · Gula: 36 G · Vitamin A: 5166 IU · Vitamin C: 105 mg · Kalsium: 255 mg · Besi: 3 mg

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Menu utama

Masakan: Jepang

Kata kunci: daikon, panci panas

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.



Sumber :
MenuQQ
BundaPoker
Itupoker

Leave a Reply

Your email address will not be published.