Oleh : SatuQQ

Kuri Kinton atau Manisan Kastanye dan Ubi Jalar adalah hidangan khas Tahun Baru Jepang yang melambangkan kekayaan dan kekayaan ekonomi. Mari kita buat ini untuk tahun depan yang makmur!

Hidangan Tahun Baru Jepang Kuri Kinton disajikan dalam mangkuk pernis.

Sebagai bagian dari saya Osechi Ryori resep Seri (Makanan Tahun Baru Jepang tradisional), saya membawakan Anda hidangan populer yang disebut Kuri Kinton atau Manisan Chestnut dengan Ubi Jalar. Item keberuntungan ini halus, lembut, sedikit pedas dengan warna kuning keemasan yang cerah. Ini tentu menambah sentuhan elegan pada pesta Tahun Baru.

Apa itu Kuri Kinton?

Kurikinton (栗金団), sastra “chestnut gold mash,” melambangkan kekayaan dan kekayaan ekonomi. Terbuat dari ubi jalar tumbuk dan kastanye dalam sirup, kuri kinton adalah hidangan penting untuk membawa keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru.

Hidangan Tahun Baru Jepang Kuri Kinton disajikan dalam mangkuk pernis.

Kuri kinton ada di sisi manis, tetapi tidak dianggap sebagai makanan penutup dalam masakan Jepang. Anda akan menemukan sebagian besar hidangan osechi ryori tradisional dibumbui lebih banyak dengan cuka dan gula sehingga makanannya diawetkan dan disimpan dengan baik selama beberapa hari untuk Tahun Baru. Konon, Anda selalu dapat menyesuaikan rasa manis sesuai keinginan Anda.

Secara tradisional kami menaruh polong gardenia kering (kuchinashi no mi, ) sambil merebus ubi. Polong gardenia memberikan warna kuning cerah dan digunakan untuk mewarnai makanan lain secara alami seperti “takuan” acar lobak dan mie. Sayangnya, saya tidak dapat menemukan polong ini di AS sehingga saya tidak dapat menambahkannya saat memasak (Memperbarui: Anda sekarang dapat menemukannya di Amazon). Warna kuning di foto murni dari ubi Jepang.

Hidangan Tahun Baru Jepang Kuri Kinton disajikan dalam mangkuk pernis.

2 Bahan Penting Membuat Kuri Kinton

1. Manisan Chestnut

Anda dapat membuat manisan chestnut dari awal dengan mengupas chestnut (ini saja membutuhkan waktu berjam-jam!), memasaknya sampai empuk, dan mengawetkannya dalam sirup. Tapi itu bukan sesuatu yang kebanyakan dari kita punya waktu untuk melakukannya. Jadi saya menggunakan toples chestnut ini dalam sirup kental yang disebut kuri kanroni (栗甘露煮) untuk resep Kuri Kinton saya. Kuri kanroni biasa digunakan dalam pembuatan wagashi, Permen Jepang, seperti yokan atau manju.

Kuri Kanroni (Chestnut dalam Sirup Berat) |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com

2. Ubi Jalar Jepang

Untuk kuri kinton, harap gunakan hanya ubi jalar Jepang yang disebut satsumaimo (さつまいも), dan bukan jenis ubi jalar lainnya. Ubi jalar Jepang dikenal karena teksturnya yang bertepung dan rasanya yang sangat manis, yang menjadikannya pilihan ideal untuk hidangan penutup seperti Ubi Jalar Jepang, Daigaku Imo, dan Pai Ubi Jalar.

Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko kelontong utama atau petani lokal di AS akhir-akhir ini.

Pelajari lebih lanjut tentang ubi jalar Jepang di halaman dapur saya.

Satsumaimo (ubi jalar Jepang) |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.comSatsumaimo (ubi jalar Jepang) |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com

Baik chestnut maupun ubi jalar adalah ciri khas panen musim dingin dan lambang perayaan Tahun Baru Jepang. Anda tidak boleh melewatkannya saat membuat osechi untuk keluarga!

Lebih Banyak Hidangan Osechi Ryori

Hidangan Tahun Baru Jepang Kuri Kinton disajikan dalam mangkuk pernis.

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Hidangan Tahun Baru Jepang Kuri Kinton disajikan dalam mangkuk pernis.

Kuri Kinton (Manisan Chestnut & Ubi Jalar)

Kuri Kinton atau Manisan Kastanye dan Ubi Jalar adalah hidangan khas Tahun Baru Jepang yang melambangkan kekayaan dan kekayaan ekonomi. Mari kita buat ini untuk tahun depan yang makmur!

Waktu persiapan: 30 menit

Waktu masak: 30 menit

Perendaman + Waktu Pendinginan: 2 jam 15 menit

Total Waktu: 3 jam 15 menit

Bahan

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

  • Kumpulkan semua bahan.

  • Kupas ubi dan potong-potong inci (1,3 cm) (agar matangnya merata).

  • Rendam ubi jalar dalam air selama 15 menit untuk menghilangkan pati. Kemudian masukkan ke dalam panci besar dan tambahkan air secukupnya untuk menutupinya.

  • Didihkan air dengan api sedang. Setelah mendidih, kecilkan api sampai sedang rendah dan masak selama 15-20 menit atau sampai tusuk sate melewati ubi jalar dengan lancar. Kemudian sisakan sekitar hingga cangkir air rebusan dan tiriskan sepenuhnya.

  • Dengan menggunakan spatula kayu, haluskan ubi jalar rebus melalui saringan/ayakan halus untuk menghaluskannya. Anda bisa menggunakan pengolah makanan. Jika perlu, tambahkan sedikit cairan masak yang sudah dipesan.

  • Ini ubi yang sudah dihaluskan. Keluarkan semua chestnut dan 3 sdm sirup dari toples kuri kanroni.

  • Dalam panci yang sama, tambahkan ubi jalar yang sudah dihaluskan, gula, garam, mirin, dan sirup dari kastanye.

  • Masak, aduk terus, dengan api kecil sampai gula larut sepenuhnya. Jika perlu, tambahkan cairan masak yang disediakan untuk melonggarkan pasta (saya tidak menambahkan) dan sesuaikan manisnya dengan sirup dan mirin.

  • Tambahkan chestnut dan masak sampai panas, sekitar 3-5 menit. Biarkan dingin untuk 2-3 jam.

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Makanan pendamping

Masakan: Jepang

Kata kunci: kastanye, osechi, osechi ryori, ubi jalar

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.

Catatan Editor: Postingan ini awalnya diterbitkan pada 28 Desember 2012. Postingan telah diperbarui dengan gambar baru pada Desember 2019 dan diterbitkan ulang pada Desember 2021.



Sumber :
YakinQQ
BonusQQ
DatukQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.