Oleh : MemoriQQ

Kagami biraki adalah upacara tradisional Jepang untuk memecahkan mochi hias dan memakannya untuk kesehatan dan keberuntungan untuk Tahun Baru.

Dekorasi Kagami Mochi: satu dibuat dengan plastik dan yang lainnya dibuat dengan kayu hinoki.

Untuk mengakhiri perayaan Tahun Baru Jepang, kagami biraki (鏡開き), secara harfiah berarti “membuka cermin”, atau memecahkan mochi biasanya diadakan pada tanggal 11 Januari.

Apa itu Kagami Biraki?

Kagami biraki adalah upacara yang menandai peristiwa penting atau transisi ke tahap baru dalam kehidupan. Itu berasal dari tindakan yang dilakukan oleh Tokugawa fourth keempat shogun 300 tahun yang lalu, di mana ia memecahkan tong sake pada malam perang setelah mencapai kemenangan. Sebuah tradisi baru lahir untuk menandai awal dari sesuatu yang baru.

Terjemahan harfiah untuk kagami adalah “cermin,” dan biraki berarti “membuka” atau “membuka”. Mengapa cermin? Nama “kagami” berasal dari kemiripannya dengan cermin tembaga bundar kuno, yang juga memiliki makna religius, menurut mitologi Jepang.

Di zaman modern di Jepang, kagami biraki dilakukan di pesta pernikahan, acara olahraga, pindah rumah, hari pembukaan perusahaan baru, dan acara perayaan lainnya.

Perayaan Kagami Biraki Selama Tahun Baru

Perayaan kagami biraki yang paling umum diadakan tepat setelah awal Tahun Baru dan terdiri dari kagami mochi (鏡餅), sepasang kue beras berhias yang dibuat sebagai persembahan kepada dewa Tahun Baru.

Dekorasi Kagami Mochi: satu dibuat dengan plastik dan yang lainnya dibuat dengan kayu hinoki.
Dekorasi kagami mochi, satu dibuat dengan kayu, yang lain terbuat dari plastik.

Awalnya, kagami biraki dirayakan pada tanggal 20 Januari, tetapi dengan kematian Shogun ketiga, Iemitsu di Keshogunan Tokugawa, pada 20 Januari 1651, diubah menjadi tanggal 11 karena angka ganjil dianggap sebagai keberuntungan di Jepang.

Ada sedikit perbedaan dengan tanggal berdasarkan wilayah. Di bagian barat Jepang, itu dirayakan pada tanggal 15 Januari. Di Kyoto dan daerah sekitarnya, tradisi ini dirayakan pada tanggal 4.

Upacara ini melibatkan pemindahan mochi berbentuk bulat dari altar keluarga dan memecahnya menjadi potongan-potongan kecil sebelum dimasak dalam makanan penutup atau sup untuk dinikmati. Makan mochi menandakan doa untuk kesehatan dan keberuntungan untuk Tahun Baru.

Kagami Mochi & Kagami Biraki | Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com

Orang-orang kuno percaya bahwa makanan yang pernah dipersembahkan kepada Tuhan akan memiliki kekuatan khusus, dan mereka mengharapkan kesehatan dengan memakannya dengan restu dari Tuhan.

Apa yang Harus Dilakukan dan Larangan dalam Upacara?

Untuk membuka mochi hias, kami tidak akan pernah memotongnya dengan pisau. Aksi tersebut mengingatkan orang Jepang akan sepuku (切腹), ritual mengeluarkan isi perut di masa lalu, dan mereka percaya itu sebagai tanda nasib buruk. Oleh karena itu, cara yang umum untuk memecahkan mochi adalah dengan palu kayu atau dengan tangan.

Kata-kata “kiru” (untuk memotong) dan “waru” (memutuskan) berkonotasi sial dan malapetaka; karena itu, “hiraku“(terbuka) — bentuk asli dari “Biraki” — digunakan dalam arti membuka peluang baru.

Berbagai Gaya Dekorasi Kagami Mochi

Secara tradisional, mochi dibuat segar di rumah, termasuk kagami mochi, yang dibuat dengan dua cakram—satu sedikit lebih besar dari yang lain. Kue mochi ditumpuk di atas stan yang dihias, dihiasi dengan jeruk dan kipas, dan diletakkan di atas kamidana (altar Shinto) atau altar keluarga. Untuk memaksimalkan keberuntungan, beberapa keluarga bahkan menempatkan kagami mochi kecil di setiap ruangan rumah.

Hiasan Kagami Mochi terbuat dari plastik.

Saat ini sebagian besar keluarga membeli kagami mochi plastik dari toko kelontong. Di dalam cetakan kagami mochi, ada potongan mochi kecil yang dikemas secara individual (kami menyebutnya mochi persegi panjang) kiri mochi) untuk kenyamanan dan pelestarian yang lebih baik.

Hiasan Kagami Mochi terbuat dari plastik.

Tempat Membeli Dekorasi Kagami Mochi

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dekorasi kagami mochi dapat dibeli di toko bahan makanan Jepang pada bulan Desember. Karena ini sangat khusus untuk perayaan Jepang, saya khawatir toko kelontong umum Asia tidak membawanya. Anda mungkin ingin memeriksa Amazon untuk melihat apakah mereka membawanya di bulan Desember.

Untuk mengurangi penggunaan plastik, saya membeli dekorasi hinoki kagami mochi ini untuk Tahun Baru ini.

Dekorasi Kagami Mochi dibuat dengan kayu hinoki.

Bagian terbaiknya adalah Anda dapat menyimpan dekorasi dalam satu kotak.

Dekorasi Kagami Mochi dibuat dengan kayu hinoki.

Saya suka tampilan mochi kagami kayu yang sederhana dan minimal ini. Toko tempat saya membeli produk saat ini terjual habis. Jika saya menemukan sumber baru, saya akan membagikan tautannya di posting ini.

Resep Menggunakan Kagami Mochi

Setelah upacara, potongan mochi yang pecah akan kami gunakan untuk membuat Zenzai (Sup Kacang Merah dengan Mochi), Chikara Udon (sup mie udon dengan mochi), atau memasukkannya ke dalam Ozoni (Sup Tahun Baru).

Mangkuk lacquer Jepang berisi sup kacang merah dengan mochi.

Sup Kacang Merah dengan Mochi (Zenzai / Oshiruko)

Mangkuk berpernis hitam dan emas berisi Ozoni Sup Tahun Baru Jepang.

Ozoni ala Kansai (Sup Mochi Tahun Baru)

Mangkuk berpernis hitam dan emas berisi Ozoni Sup Tahun Baru Jepang.

Ozoni ala Kanto (Sup Mochi Tahun Baru)

Kalau bosan makan sop, coba buat cemilan kerupuk nasi!

Kerupuk nasi disajikan di atas keranjang bambu.

Kerupuk Beras (Kakimochi)

Lebih Banyak Selebriti Kagami Biraki!

Kagami Biraki di Dojo dan Acara Olahraga Lainnya

Upacara Kagami biraki juga merupakan peristiwa penting di banyak negara dojo (sekolah seni bela diri tradisional seperti judo, karate, jujutsu, kendo, aikido, dll.) untuk memulai tahun baru dojo. Upacara ini biasanya diadakan pada pada hari Sabtu atau Minggu kedua bulan Januari sehingga semua siswa dapat menghadiri latihan pertama mereka tahun ini. Ini menandai tradisi pembaruan, semangat, dan pengabdian.

Kagami Biraki |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com
Upacara biraki Kagami di Nippon Budokan

Dengan visi yang sama, banyak komunitas olahraga lain di Jepang juga mengadopsi upacara untuk menandai musim baru bagi tim mereka dan untuk menyambut anggota baru.

Kagami Biraki Lainnya: Upacara Sake Barrel

Upacara biraki kagami populer lainnya melibatkan memecahkan tutup tong sake menggunakan palu kayu, dan sake disajikan dan diambil oleh semua orang yang hadir di acara tersebut. Tindakan ‘membuka tutup’ tong sake’ mirip dengan tindakan memecahkan mochi, dan ini melambangkan pembukaan harmoni dan keberuntungan.

Kagami Biraki |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com
Oleh Angkatan Laut AS foto oleh Spesialis Komunikasi Massa Kelas 3 Justin Smelley [Public domain], melalui Wikimedia Commons
Sake Masu |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com

Pada gambar di atas, tutup sake dibuka menggunakan palu kayu yang disebut kizuchi (木槌) dan sendok kayu hishaku (柄杓) digunakan untuk mengisi persegi masu (升) cangkir dengan sake dari laras.

Di pembuat sake, tutup tong sake disebut “kagami”. Kebiasaan membuka laras ini juga disebut kagami wari (鏡割り) “cermin pecah” atau kagami nuki (鏡抜き) “menarik cermin”, tetapi kagami biraki biasanya digunakan untuk acara-acara bahagia.

Anda akan menemukan versi kagami biraki ini lebih umum di pernikahan, pembukaan bisnis, upacara penyelesaian proyek, pesta kelulusan, atau acara lain yang mungkin melibatkan minum sake.

Lebih lanjut tentang Budaya & Tradisi Jepang

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Catatan Editor: Postingan ini awalnya diterbitkan pada 10 Januari 2017. Ini telah diterbitkan ulang dengan gambar baru pada Januari 2022.



Sumber :
NinjaQQ
BonusQQ
InterQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.