Oleh : ArahQQ

Salmon Hot Pot, yang dikenal sebagai Ishikari Nabe, adalah hidangan daerah favorit dari Hokkaido, Jepang. Dalam resep ini, salmon, kentang, jagung, lobak daikon, bawang merah, dan kol dimasak dalam kaldu berbasis miso yang gurih dan diberi mentega untuk hasil akhir yang kaya dan lembut. Ini adalah makanan musim dingin yang sempurna yang dapat disiapkan dalam 30 menit!

Panci tanah liat donabe Jepang berisi salmon, kentang, daikon, jagung, kubis direbus dalam sup berbahan dasar miso.

Cuaca hot pot ada di belahan bumi utara! Hari ini, saya ingin memperkenalkan Anda pada hidangan hot pot regional populer yang menonjolkan makanan laut segar dan sayuran musiman. Dikenal sebagai Ishikari Nabe (Pot Ishikari), ini Panci Panas Salmon adalah comfort food yang wajib dicoba dari Hokkaido, Jepang.

Hidangan ini menampilkan beberapa bahan yang tidak biasa yang tidak terlihat dalam panci panas biasa. Bisakah kamu menebak? Mari lihat!

Panci tanah liat donabe Jepang berisi salmon, kentang, daikon, jagung, kubis direbus dalam sup berbahan dasar miso.

Ishikari Nabe – Hot Pot Daerah Hokkaido

Ishikari nabe (石狩鍋) adalah makanan hot pot asli Hokkaido dan menggunakan bahan-bahan lokal seperti salmon segar (terkadang trout), bawang, kentang, daikon, kubis, dan jagung. Kaldu sup terbuat dari kombu yang dibudidayakan secara lokal dan dibumbui dengan miso.

Sebuah restoran khusus hot pot bernama Kindaitei (金大亭) di Kota Ishikari menciptakan hot pot ini di era Meiji. Itu adalah makanan untuk para nelayan yang menangkap salmon segar di Sungai Ishikari (kedengarannya mirip dengan sup seafood populer yang dibuat Cioppino untuk para nelayan di San Francisco!).

Restoran memasak salmon cincang dalam sup berbasis miso putih dan menambahkan kentang lokal, bawang merah, dan kubis. Mereka dianggap sebagai sayuran Barat dan jelas bukan bahan hot pot khas Anda!

Di Hokkaido, Ishikari nabe disajikan di banyak restoran dan juga di rumah. Setiap orang memasaknya sedikit berbeda sehingga rasa dan bahannya berbeda, tetapi semua Ishikari nabe selalu dimasak dengan salmon atau trout dan sayuran dalam kaldu berbahan dasar miso.

Apakah Ini Mirip dengan Sanpeijiru?

Bagi mereka yang akrab dengan masakan Hokkaido, Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang sanpeijiru (Sanping Jus).

Sanpeijiru lebih mirip sup yang dibuat dengan salmon asin mentah (bukan salmon mentah di Ishikari nabe), kentang, dan daikon. Kaldu sup dibuat dengan potongan salmon (tulang, perut, kepala, dll.) dan dibumbui hanya dengan garam. Tidak ada tambahan miso di sanpeijiru.

Pot tanah liat donabe Jepang bersama dengan sepiring sayuran dan salmon.

Cara Membuat Hot Pot Salmon Hokkaido

Bahan yang Anda Butuhkan

  • Ikan salmon
  • Kentang
  • Bawang
  • lobak daikon
  • Jagung
  • Wortel
  • Kubis
  • Daun krisan
  • Negi (bawang hijau panjang)
  • Jamur shitake
  • Tahu
  • Kaldu – kombu dashi
  • Saus Miso– miso, mirin, sake, dan kecap.

Bahan unik lainnya yang ditambahkan ke hot pot adalah mentega! Hokkaido terkenal dengan produk susunya yang lezat dan berkualitas tinggi. Anda akan menambahkan tepukan mentega tebal di atas panci panas setelah bahan-bahannya matang. Mentega meleleh dengan cepat, memberikan kaldu rasa yang kaya, lembut, dan sedikit manis.

NS bubuk lada sansho (山椒) biasanya disajikan di meja untuk ditaburkan di atas porsi individu. Aroma dan rasa yang kuat ini dikenal untuk menutupi bau amis.

Beberapa variasi Ishikari nabe termasuk sake lees (demi kasu) dan susu dalam panci panas.

Miso Mana yang Terbaik untuk Hot Pot Salmon?

Untuk resep Ishikari Nabe ini, saya menggunakan Miso Putih Organik dari Hikari Miso. Saya menganggap miso sebagai bumbu serba bisa karena rasanya yang lembut cocok dengan hampir semua resep, mulai dari sup miso hingga ikan bakar hingga saus salad.

Hikari Miso Miso Putih Organik

Untungnya, menurut pembaca kami yang tinggal di berbagai belahan dunia, miso ini tersedia secara luas di banyak toko bahan makanan lokal Jepang atau Asia. Jika tidak, Amazon juga membawa miso ini.

Jika Anda sudah memiliki bak miso di lemari es Anda, Anda juga bisa menggunakannya. Profil rasa akan sedikit berbeda karena setiap jenis miso memiliki rasa asin dan rasa yang berbeda. Namun, saya akan menghindari menggunakan menetas miso atau saikyo miso karena rasanya yang unik dan mungkin tidak berfungsi dengan baik di hot pot ini.

Ikhtisar: Langkah Memasak

  1. Potong semua bahan dan buat saus miso.
  2. Masak sayuran keras dalam kombu dashi selama 10-15 menit.
  3. Bumbui kaldu dengan saus berbasis miso.
  4. Bawa donabe ke meja bersama dengan piring-piring bahan.
  5. Masak salmon dan sisa sayuran selama 10 menit dan nikmatilah!
Panci tanah liat donabe Jepang berisi salmon, kentang, daikon, jagung, kubis direbus dalam sup berbahan dasar miso.

Cara Menikmati Salmon Hot Pot – Memasak dalam 2 Tahap

Memasak di Dapur

Kami biasanya memasak semua bahan dalam panci panas di atas kompor portabel di atas meja makan. Namun, untuk Salmon Hot Pot, saya sarankan untuk memasak sayuran akar terlebih dahulu selama 10-15 menit sebelum membawa panci ke meja.

Sayuran umbi-umbian seperti kentang, bawang merah, dan daikon membutuhkan waktu untuk dimasak, jadi mulailah memasaknya terlebih dahulu.

Memasak di Meja

Setelah Anda selesai memasak sayuran keras, siapkan kompor portabel di meja dan bawa panci ke atas. Bahan-bahan yang disiapkan harus berada di piring besar atau piring kecil dan ditempatkan di sekitar panci panas. Anda juga perlu membawa peralatan masak bersama (sendok, saringan halus, sumpit panjang, dll.) dan mangkuk individu.

Saat semua orang sudah berada di meja, tambahkan sisa bahan ke dalam panci dan masak selama 10 menit, atau sampai setiap bahan matang. Sambil menunggu, orang bisa menikmati lauk pauk kecil beserta minumannya.

Biasanya, ada lebih banyak bahan daripada yang bisa dimasukkan ke dalam panci, jadi tambahkan ke dalam panci secara bertahap saat Anda makan. Tidak ada “aturan hot pot” resmi, tetapi ini sopan untuk mengambil dan membagi semua makanan yang dimasak sebelum menambahkan bahan mentah atau mentah ke panci yang sama. Ini juga dianggap sebagai isyarat yang baik untuk mengambil beberapa makanan dari panci dan menyajikannya kepada orang yang duduk di dekat Anda.

Panci tanah liat donabe Jepang berisi salmon, kentang, daikon, jagung, kubis direbus dalam sup berbahan dasar miso.

Sedikit Tips Memasak Hot Pot Salmon Hokkaido

  • Pertama, membuat saus miso yang halus dalam mangkuk terpisah alih-alih melarutkannya langsung ke dalam kaldu sup. Ini menghilangkan potongan pasta miso.
  • Hapus kombu tepat sebelum mendidih. Kombu melepaskan kepahitan dan kelangsingan saat Anda meninggalkannya di dalam kaldu. Jika Anda ingin lebih banyak rasa, saya sarankan kombu dashi yang diseduh dingin. Kemudian panaskan perlahan untuk mengekstrak lebih banyak rasa. Kombu bekas dapat digunakan kembali untuk membuat Kombu Rebus atau Furikake Homemade (bumbu nasi).
  • Skim busa dan buih di permukaan kaldu untuk rasa yang lebih bersih dan canggih.
  • Tambahkan lebih banyak saus miso karena bahan terus melepaskan kelembapan dan mengencerkan rasa sup.
  • Terakhir, saat kuah hampir habis, tambahkan air (atau kombu dashi). Sesuaikan kaldu dengan menambahkan lebih banyak miso.

Lebih Banyak Resep Hot Pot yang Akan Anda Nikmati

Peralatan makan dari Musubi Kiln

Saya telah bermitra dengan toko online keramik hebat dari Jepang bernama Kiln Musubi. Kamu akan mendapatkan potongan 10 dengan kode kupon BUKU JUSTONECOOK untuk pembelian Anda. Dalam posting ini, saya telah menggunakan:

Panci tanah liat donabe Jepang berisi salmon, kentang, daikon, jagung, kubis direbus dalam sup berbahan dasar miso.

Mendaftar untuk Gratis buletin dikirim ke kotak masuk Anda dan tetap terhubung dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram untuk semua pembaruan terbaru.

Panci tanah liat donabe Jepang berisi salmon, kentang, daikon, jagung, kubis direbus dalam sup berbahan dasar miso.

Hot Pot Salmon Hokkaido (Ishikari Nabe)

Dengan salmon, kentang, dan jagung yang dimasak dalam kaldu berbasis miso yang gurih, Salmon Hot Pot (Ishikari Nabe) ini adalah hidangan nabe yang populer dari Hokkaido.

Waktu persiapan: 10 menit

Waktu masak: 25 menit

Total Waktu: 35 menit

Bahan-bahan

Untuk Bahan Hot Pot

  • lb ikan salmon (Saya menggunakan lb di sini, tetapi jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak)
  • ¼ sdt halal/garam laut (saya menggunakan Diamond Crystal; gunakan setengahnya untuk garam meja) (untuk salmon)
  • 2 Kentang Emas Yukon (13 oz, 400 g; Kentang Yukon Gold lebih kencang dan mempertahankan bentuknya setelah dimasak; Kentang Russet dapat larut ke dalam kaldu)
  • ½ lb lobak daikon (2 inci, 5 cm)
  • ½ Bawang (¼ pon, 113 g)
  • 1 telinga jagung (6 ons, 170 gram)
  • ½ kubis (15 ons, 425 gram)
  • 1 wortel (1,8 ons, 50 gram)
  • 1 kelompok shungiku (tong ho/krisan karangan bunga) (3,5 ons, 100 gram)
  • 4 jamur shitake (2,5 ons, 70 gram)
  • 1 negi (bawang hijau panjang) (1,4 ons, 40 gram)
  • 1 tahu sedang (tahu sebentar) (14 ons, 397 gram)
Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

Untuk Membuat Kuah Sop

  • Dalam panci besar (saya menggunakan donabe), rendam kombu dalam air dan sisihkan. Untuk mengekstrak lebih banyak rasa, Anda dapat melakukan langkah ini beberapa jam sebelumnya (hingga semalaman; tetapi tetap dingin atau simpan di lemari es jika Anda tinggal di lingkungan yang panas).

Untuk Mempersiapkan Bahan Hot Pot

Untuk Membuat Saus Miso

  • Dalam mangkuk kecil, campurkan miso, sake, mirin, dan kecap asin, lalu campur semuanya.

Untuk Pra-Memasak Hot Pot Di Dapur

Memasak Hot Pot Di Meja

  • Siapkan meja dengan kompor portabel, piring bahan, mangkuk individu, dan peralatan memasak (sumpit panjang, sendok, dan skimmer halus). Tambahkan beberapa bahan ke donabe dan tutup untuk memasak selama 10 menit.

  • Setelah semua bahan matang, tambahkan sisa saus miso dan taruh mentega di atasnya. Ambil bahan-bahan yang dimasak dan sajikan dalam mangkuk individu untuk dinikmati. Taburkan lada sansho sesuai selera Anda. Setelah panci panas hampir kosong, tambahkan bahan-bahan berikutnya dan lanjutkan memasak dan makan.

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Menu utama

Masakan: Jepang

Kata kunci: panci panas, salmon

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial apa pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.



Sumber :
CobaQQ
PriaQQ
InterQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.