Oleh : Itudomino

Dipanggang dalam oven dan digulung menjadi silinder, Datemaki atau omelet gulung manis adalah pelengkap lezat untuk menu Osechi Ryori Anda. Mirip dengan tamagoyaki, Anda membutuhkan telur dan bumbu seperti mirin, madu, dan kecap untuk membuat menu yang populer ini. Cukup sederhana untuk membuatnya dari awal untuk musim perayaan.

Piring hijau berisi Datemaki, telur dadar gulung manis Jepang, dinikmati selama Tahun Baru.

Datemaki (伊達巻) atau omelet gulung manis adalah makanan Tahun Baru Jepang yang populer (osechi ryori, masakan Osechi). Biasanya disajikan dalam lacquer jubako (kotak persegi khusus yang mirip dengan kotak makan siang), sejauh ini merupakan hidangan favorit saya di antara makanan tahun baru dan saya selalu menantikan untuk memakannya setiap tahun.

Meskipun datemaki yang sudah jadi sudah tersedia di supermarket Jepang selama tahun ini, Anda dapat dengan mudah membuatnya dari awal.

Piring keramik biru Jepang berisi irisan Datemaki (Omelet Gulung Manis)

Bahan untuk Datemaki

Datemaki mirip dengan tamagoyaki. Bahan utamanya adalah telur dan bumbu manis seperti mirin, madu, dan kecap. Perbedaan utama adalah datemaki termasuk kue ikan putih persegi yang disebut hanpen(Hanpen).

Hanpen

Hanpen terbuat dari parutan ubi Jepang (yamaimo) dan surimi (Alaska Pollock), garam, dan kombu dashi. Ini menambah tekstur unik pada telur dadar, seperti kue ikan yang lembut. Jika tidak bisa menemukan hanpen, Anda bisa menggantinya dengan bubur ikan putih, scallop, atau udang.

Banyak resep datemaki yang membutuhkan dashi, tapi menurut saya itu tidak perlu karena hanpen terbuat dari kombu dashi dan sudah menambahkan rasa yang enak pada omeletnya. Tentu saja, Anda selalu dapat menambahkan dashi jika Anda mau.

Setelah semua bahan adonan telur tercampur rata, kemudian dipanggang hingga matang dan bagian luarnya berwarna kecokelatan.

Piring hijau berisi Datemaki, telur dadar gulung manis Jepang, dinikmati selama Tahun Baru.

Menggulung Omelet dalam Mat Bambu

Anda mungkin pernah melihat atau menggunakan makisu (巻き簀), tikar bambu, untuk menggulung sushi atau menstabilkan bentuk Tamagoyaki. Untuk tujuan dekoratif, kami menggunakan tikar bambu khusus yang disebut onisudare (鬼簾, ) untuk datemaki karena lekukan yang dalam meninggalkan bekas zigzag di permukaan omelet.

Onisudare dan Makisu |  Resep Jepang Mudah di JustOneCookbook.com

Jika Anda tidak memiliki onisudare, Anda dapat menggunakan tikar bambu biasa untuk membuat Datemaki dan itu akan tetap terlihat cantik (lihat gambar kanan bawah).

Datemaki Dua Cara
Datemaki dibuat dengan Onisudare (kanan) dan Makisu (kiri)

Menghabiskan Tahun Baru bersama Keluarga

Saya sangat merindukan keluarga saya di Jepang karena tahun akan segera berakhir. Ketika saya masih kecil, keluarga saya biasa menghabiskan liburan musim dingin di rumah kakek-nenek saya di Osaka sehingga kami dapat merayakan Hari Tahun Baru bersama semua anggota keluarga. Nenek, bibi, ibuku, dan aku—semua wanita dalam keluarga—akan mulai menyiapkan makanan tahun baru beberapa hari sebelum Hari Tahun Baru. Sementara kami menghabiskan sebagian besar hari di dapur, laki-laki dalam keluarga akan bertanggung jawab untuk membersihkan rumah dan menjalankan tugas untuk berbelanja di menit-menit terakhir.

Piring keramik biru Jepang berisi irisan Datemaki (Omelet Gulung Manis)

Perayaan Tahun Baru adalah liburan favorit saya saat tumbuh dewasa. Ini adalah perayaan terbesar di Jepang dan saya menikmati waktu keluarga dan pesta. Ini adalah salah satu hari libur Jepang yang ingin saya rayakan di Jepang.

Piring hijau berisi Datemaki, telur dadar gulung manis Jepang, dinikmati selama Tahun Baru.

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Piring hijau berisi Datemaki, telur dadar gulung manis Jepang, dinikmati selama Tahun Baru.

Datemaki (Omelet Gulung Manis)

Dipanggang dalam oven dan digulung menjadi silinder, Datemaki atau omelet gulung manis adalah pelengkap lezat untuk menu Osechi Ryori Anda. Mirip dengan tamagoyaki, Anda membutuhkan telur dan bumbu seperti mirin, madu, dan kecap untuk membuat menu yang populer ini.

Waktu persiapan: 15 menit

Waktu masak: 25 menit

Waktu istirahat: 3 jam

Total Waktu: 3 jam 40 menit

Bahan

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

  • Kumpulkan semua bahan. Anda membutuhkan kertas roti dan alas sushi bambu. Di Jepang, kami menggunakan tikar bambu khusus dengan strip lebih tebal yang disebut onisudare, yang memberikan tonjolan/lekukan besar ke datemaki.

  • Panaskan oven hingga 400 F (200 C). Untuk oven konveksi, kurangi suhu memasak sebesar 25ºF (15ºC). Lapisi loyang berukuran 8 inci x 8 inci (20 cm x 20 cm) dengan kertas roti.

  • Potong hanpen menjadi kubus berukuran inci (1,3 cm) dan kocok telur dalam mangkuk kecil.

  • Dalam blender atau food processor, masukkan hanpen dan semua bumbu (2 sdt mirin, 1 sdt sake, 1 sdt gula, 1 sdt madu, dan sdt kecap).

  • Tambahkan telur kocok dan aduk hingga rata, sekitar 1 hingga 1,5 menit.

  • Saring campuran telur melalui saringan halus ke dalam mangkuk bersih.

  • Kemudian tuangkan campuran kembali ke dalam blender dan saring sekali lagi ke dalam mangkuk. Terakhir, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti.

  • Panggang pada suhu 400 F (200 C) selama 20 menit atau sampai bagian atasnya agak kecoklatan. Jika bagian atasnya tidak berwarna cokelat keemasan, alihkan ke ayam pedaging dan panggang selama 2 menit atau sampai permukaannya berwarna cokelat keemasan. Bagian tengah omelet akan naik sedikit saat bagian atasnya menjadi cokelat. Ini akan menyusut saat mendingin.

  • Keluarkan loyang dari oven dan biarkan omelet mengempis dan dingin untuk dipegang, hanya selama 1-2 menit (JANGAN TINGGALKAN lebih dari itu). Kita perlu menggulung telur dadar saat masih panas.

  • Pindahkan telur dadar dari loyang ke permukaan kerja dengan mengangkat kertas roti. Kemudian letakkan alas bambu di atas telur dadar, dengan sisi bambu rata menghadap ke atas.

  • Balikkan telur dadar dengan hati-hati dan keluarkan kertas perkamen.

  • Skor omelet dengan hati-hati sedalam inci (3 mm) untuk setiap inci (1,3 cm). Pisau harus sejajar dengan arah tikar sushi bambu. Sayatan ini akan membantu omelet menggulung tanpa pecah/retak.

  • Gulung omelet menjadi a ketat silinder.

  • Amankan gulungan tikar bambu dengan karet gelang dan bungkus dengan bungkus plastik. Biarkan dingin sepenuhnya untuk 2-3 jam.

Nutrisi

Kalori: 46 kkal · Karbohidrat: 3 G · protein: 3 G · Gemuk: 2 G · Lemak jenuh: 1 G · Lemak tak jenuh ganda: 1 G · Lemak tak jenuh tunggal: 1 G · Lemak trans: 1 G · Kolesterol: 62 mg · Sodium: 88 mg · Kalium: 24 mg · Serat: 1 G · Gula: 3 G · Vitamin A: 90 IU · Vitamin C: 1 mg · Kalsium: 9 mg · Besi: 1 mg

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Hidangan pembuka

Masakan: Jepang

Kata kunci: telur, osechi, osechi ryori

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.

Catatan Editor: Posting ini awalnya diterbitkan pada 26 Desember 2013. Gambar-gambar telah diperbarui pada Desember 2019. Postingan telah diterbitkan ulang pada Desember 2021.



Sumber :
RoyalQQ
JokerQQ
SahabatQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.