Oleh : GarenaQQ

Dari manis hingga gurih, ada berbagai jenis mochi (kue beras Jepang) yang kami nikmati di Jepang. Berikut adalah panduan cepat dan mudah untuk membuat tiga rasa lezat yang berbeda untuk mochi Anda di rumah.

Piring segi empat berisi tiga rasa mochi (kacang merah manis, tepung kedelai manis, dan kecap asin dan rumput laut nori).

Hanya Satu Buku Masak Iklan Buku Masak Osechi

Setelah saya membagikan resep saya untuk sup mochi Tahun Baru Jepang yang disebut Ozoni, saya menerima banyak umpan balik dari pembaca saya mengenai “mochi” yang saya tambahkan ke dalam sup. Mereka terkejut bahwa saya menambahkan mochi ke dalam sup gurih dan bertanya apakah itu manis. Umpan balik membuat saya menyadari bahwa orang Jepang dan non-Jepang melihat kata “mochi” dengan cara yang sangat berbeda.

Ketika mendengar kata “mochi”, apa yang pertama kali terlintas di benak Anda? Banyak dari Anda berpikir tentang mochi bundar yang diisi dengan semacam isian manis seperti pasta kacang merah atau cokelat, stroberi, mangga, dll untuk rasa yang lebih modern.

Namun, di Jepang, kami biasanya menyebut jenis mochi manis itu daifuku. Jadi apa itu mochi?

Apa yang Mochi . Jepang (kue)?

Ketika kami mengatakan mochi di Jepang, biasanya itu menyiratkan mochi polos – mochi kemasan yang baru dibuat atau dipotong tersedia di supermarket.

Orang-orang membuat mochi dalam mangkuk kayu dan nampan Kue Beras.

Kredit foto: (kiri) Miyuki Meinaka, (kanan atas) Pixeltoo, (kanan bawah) Kropsoq melalui Wikimedia Commons.

Mochi adalah kue beras Jepang yang terbuat dari mochigome (糯米), beras ketan japonica berbutir pendek. Beras ditumbuk menjadi pasta (gambar kiri) dan dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan seperti mochi bentuk bulat, maru mochi (gambar kanan atas).

Saat kami makan mochi di rumah, kami membeli kiri mochi (gambar kanan bawah) yang dikemas satu per satu dalam kantong plastik.

Kinako Mochi (mochi yang ditaburi tepung kedelai manis) di atas piring.

Cara Menikmati Mochi . Jepang Di rumah?

Mochi Jepang yang baru dibuat dapat dimasukkan sebagai bagian dari hidangan gurih atau manis. Untuk hidangan gurih, mochi digunakan sebagai topping untuk sup miso, Ozoni, dan sup mie udon panas (kami menyebutnya menu ini Chikara Udon (Riki Udon)). Bisa juga ditambahkan di dalam Okonomiyaki.

Untuk manisan, kami menggunakan mochi Jepang untuk membuat Es Krim Mochi, Zenzai (Oshiruko), Strawberry Daifuku, dan banyak lagi.

Membuat mochi dari beras ketan membutuhkan waktu dan tenaga yang lama, oleh karena itu sebagian besar keluarga tidak lagi membuat mochi dari nol. Jika kita ingin menikmati mochi yang baru ditumbuk, kita dapat melakukannya dengan menghadiri acara menumbuk mochi atau beberapa orang membeli mesin penumbuk mochi Jepang kecil di rumah untuk tugas ini (beberapa pembuat roti Jepang memiliki pilihan untuk menumbuk mochi!).

Hari-hari ini untuk menikmati mochi sepanjang tahun dan selama Tahun Baru Jepang, kita dapat membeli mochi Jepang yang sudah dipotong (kiri mochi, ) ini dari supermarket.

Kirimochi

Hari ini saya akan menunjukkan kepada Anda 3 resep paling populer untuk menikmati mochi menggunakan mochi kiri. Setiap keluarga memasak mochi secara berbeda berdasarkan preferensi mereka. Keluarga saya (di Jepang) menyukai mochi panggang yang renyah daripada mochi rebus, jadi kami selalu memanggang mochi terlebih dahulu sebelum membumbui. Baca bagian catatan resep untuk metode microwave dan perebusan.

Piring segi empat berisi tiga rasa mochi (kacang merah manis, tepung kedelai manis, dan kecap asin dan rumput laut nori).

Jenis Mochi . Jepang

Berikut adalah tiga rasa yang kami buat hari ini: Anko Mochi, Kinako Mochi, dan Isobeyaki.

Anko Mochi (餡子餅) adalah mochi di mana kita menempatkan pasta kacang merah di dalam mochi.

kinako mochi (きな粉餅) adalah mochi yang dilapisi dengan campuran kinako (tepung kedelai sangrai) dan gula.

isobeyaki (磯辺焼き) adalah mochi yang dilapisi dengan campuran kecap dan gula dan dibungkus dengan rumput laut nori. Kebanyakan orang lebih suka Isobeyaki tanpa gula, tapi keluarga saya selalu membuatnya dengan gula. Saya berasumsi ini tidak didasarkan pada perbedaan regional, tetapi itu tergantung pada preferensi keluarga.

Apa kesukaanmu? Ketika saya tumbuh dewasa, saya tidak bisa memilih favorit saya… Jadi untuk Hari Tahun Baru Jepang, saya biasa makan enam potong mochi – dua di Ozoni, dua Anko, satu Kinako, dan satu Isobeyaki. Saya berharap saya muda lagi sehingga saya bisa makan enam potong mochi dalam sekali duduk tanpa khawatir akan menambah ukuran pinggang saya!

Piring segi empat berisi tiga rasa mochi (kacang merah manis, tepung kedelai manis, dan kecap asin dan rumput laut nori).

Ingin belajar lebih banyak tentang masakan Jepang? Mendaftar untuk kami Gratis buletin untuk menerima kiat memasak & pembaruan resep! Dan tetap berhubungan dengan saya di Facebook, Pinterest, Youtube, dan Instagram.

Piring segi empat berisi tiga rasa mochi (kacang merah manis, tepung kedelai manis, dan kecap asin dan rumput laut nori).

Cara Menikmati Mochi Japanese Jepang

Dari manis hingga gurih, ada berbagai jenis mochi (kue beras Jepang) yang kami nikmati di Jepang. Dalam resep ini saya akan menunjukkan cara membuat mochi dalam tiga rasa lezat yang berbeda di rumah.

Waktu persiapan: 2 menit

Waktu masak: 10 menit

Total Waktu: 12 menit

Bahan

Untuk Isobeyaki (kecap asin)

Untuk Anko Mochi (pasta kacang merah)

Substitusi Bahan Jepang: Jika Anda ingin pengganti bumbu dan bahan Jepang, klik di sini.

instruksi

  • Kumpulkan semua bahan.

  • Tempatkan mochi dalam oven pemanggang roti dan panggang sampai mengembang dan berwarna cokelat keemasan, sekitar 10 menit. Anda juga bisa menggoreng, merebusnya dalam air, atau microwave. Untuk microwave, masukkan mochi ke dalam mangkuk, tambahkan air untuk menutupinya, dan microwave.

  • Setelah mochi mengembang, hancurkan mochi secara perlahan dengan tangan Anda.

Untuk Membuat Kinako Mochi

  • Campurkan kinako dan gula dalam mangkuk. Siapkan baskom kecil berisi air panas.

  • Celupkan mochi yang sudah dimasak ke dalam air panas, lalu celupkan ke dalam campuran kinako.

Nutrisi

Kalori: 163 kkal · Karbohidrat: 36 G · protein: 4 G · Gemuk: 1 G · Lemak jenuh: 1 G · Lemak tak jenuh ganda: 1 G · Lemak tak jenuh tunggal: 1 G · Sodium: 88 mg · Kalium: 116 mg · Serat: 1 G · Gula: 34 G · Vitamin A: 94 IU · Vitamin C: 1 mg · Kalsium: 9 mg · Besi: 1 mg

Pengarang: Namiko Chen

Kursus: Makanan pendamping

Masakan: Jepang

Kata kunci: mochi

©JustOneCookbook.com Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke situs web atau media sosial mana pun. Silakan lihat kebijakan penggunaan foto saya di sini.

Catatan Editor: Postingan ini awalnya diterbitkan pada 19 Januari 2015. Postingan tersebut telah diterbitkan pada Desember 2021.



Sumber :
NinjaQQ
PasarQQ
DatukQQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.