Beli barang bekas bisa mendatangkan banyak manfaat, yang paling berasa manfaatnya ya dapet harga lebih murah ketimbang beli baru, pastinya.

Tapi juga ada risiko, apalagi pas belinya online, bisa dapet barang cacat yang di luar perkiraan.

Saya pernah ngerasain keuntungannya, juga pernah ngerasain kerugiannya.

Tapi ini ngga menjadikan saya anti sama barang bekas, malah makin seru, karena akhirnya bisa ketemu pola.

Cakupan pembahasan tentang barang bekas ini cenderung saya persempit untuk barang-barang yang bersifat beban Ya.

Beli Baru, Besok Harga Udah Turun

Ini fakta ngga terbantahkan yang kamu sendiri juga tau secara sadar.

Beli baru, buka segel, dan harga jual langsung jatuh minimal 10%.

Jadi kalo beli HP harga 10 juta, besok banget dijual udah jatuh di angka 9 juta. Ya ngga usah nunggu besok deh, semenit kemudian dijual, harga udah pasti jatoh.

Dari logika ini harusnya jelas ya, beli barang baru itu ngga sepadan.

Tunggu 2 Bulan

Benefit lain yang bisa kita dapet kalo beli barang bekas, kita bisa liat tinjauan jujur dari para pengguna.

Bukan informasi marketing dari produsen, bukan tinjauan bayaran yang udah pasti ngga objektif.

Kalau ada barang baru rilis jangan buru-buru beli, sabar.

Tunggu aja 2 bulan.

Kenapa dengan 2 bulan? Ngga ada ketentuan khusus sih, ini rumus pribadi saya aja.

Soalnya setelah 2 bulan, kita bisa dapet ini:

  1. Review jujur di YouTube.
  2. Udah ada keyword “bla bla bla jelek” atau “kekurangan bla bla bla” yang bisa dicari di Google.
  3. Yang pasti, udah bertebaran barang bekasnya di OLX, Tokped, IG, forum FB, dll.

Gimana? Seru ngga tuh?

Bekas Seperti baru

Banyak banget kok barang bekas yang seperti baru. Dari sisi fisik dan fungsi bener-bener serasa baru.

Saya yakin kamu pernah dapet sama barang-barang begini kan?

Yang Sebaiknya Bekas

Ngga semua barang bisa dibeli secara kedua. Lebih tepatnya kurang sepadan kalau pas dibeli kedua.

Misalnya barang-barang yang usianya udah lebih dari 3 tahun. Jadi barang apapun yang usianya lebih dari 3 tahun, mending ngga usah. Kecuali emang udah dites semua, berfungsi normal, dan cocok sama kebutuhan.

Jadi rumusnya secara umum itu dalam 2 bulan bisa turun drastis tapi setelah 1 tahun kemudian itu turunnya ngga jauh-jauh dari setelah 2 bulan. Ngerti maksudnya kan? Hehe.

Dengan rumus barusan, ngga bisa jadi alasan nunggu 5 bulan biar makin murah.

So, yang sebaiknya dibeli dalam kondisi bekas itu semisal:

  1. Semua gadget (HP, laptop, tablet)
  2. Semua kendaraan. Mobil, motor.
  3. Treadmill, kalo perlu.
  4. Perabot rumah tangga tertentu, kompor listrik, dispenser.

Beli motor yang bagus itu di pelelangan, beli mobil yang bagus itu di OLX. Kendaraan yang baru dipake 5 bulan, itu udah turun banyak banget.

Motor bisa turun 4 juta, mobil bisa turun 10-20 juta. Gokil ngga tuh?

HP, laptop, dll, bisa turun 1-4 juta.

Tempat Membeli Barang Bekas

Kalau saya secara bawaan berburu barang bekas itu di OLX, nyaris barang apa aja ada di website ini.

Saya sampai sekarang masih bingung sama uangkan OLX, apa iya cuma dari orang pasang iklan sama dari jaringan iklan aja?

Ya pokoknya saya puas sih berburu barang di OLX karena kebanyakan bener-bener seperti baru banget.

Makin beruntung lagi kalau yang jual barang itu orang super tajir, dia buka harganya aja udah murah, biasanya masih boleh ditawar lagi.

Tapi nanti kalau udah Sepakat, transaksinya ada 2 kemungkinan.

  1. IKAN KOD
  2. pasar

Kalau saya yakin sama barangnya, dan potensi ruginya dirasa rendah, saya minta barangnya diupload ke Tokopedia supaya terbantu dengan fitur rekbernya.

Ini murni pakai merasa aja, tingkat akurasinya 90%, hehe. Kalau ngga yakin, ya ketemuan aja, COD.

Sebelum COD, saya selalu pastikan bahwa barang ngga ada cacat. Atau cacatnya sesuai yang dijelaskan aja di lapak, ngga ada cacat lainnya (cacat yang masih bisa diterima karena kedua, misal lecet).

Jadi, COD itu sekalian cek barang sesuai atau ngga. Sangat jauh sih selama COD alhamdulillah belum ada yang barang cacat tapi ngga dijelaskan di lapak.

Konfirmasi kecacatan cuma buat jaga-jaga aja, biar lebih aman.

Selain OLX, bisa juga forum di Facebook, nanti pada akhirnya tetep minta diupload ke Tokopedia.

Pernah ada yang ngga mau upload ke Tokopedia meski harga saya tawar lebih tinggi dengan syarat mengunggah ke Tokopedia. Yang model begini memperbaiki penipuan, jangan mau.

Udah cukup banyak orang (penipu) yang ngga mau mengunggah ke Tokopedia meski harganya saya naikin.

Meminta upload ke Tokped ini rumus wajib ya, biar selamat dari penipuan.

Itu yang online, kalau offline ya langsung ke loakan aja.

Loakan lebih tepat buat cari kursi, meja, lemari, dipan, dan perabot rumah tangga.

Baik online maupun offline, ada sensasinya sendiri-sendiri.

***

Pada hari yang sama dengan tulisan ini saya menerbitkan, saya melakukan pembelian COD kaleng kecil untuk aquascape. Yang harga barunya 750 ribu, saya dapet cuma 350 ribu, dan barang masih berfungsi dengan baik (optimal).

Kapan Beli Barang Bekas?

Seperti yang saya bilang di atas, idealnya dua bulan. Paling cepet satu bulan lah.

Buat saya beli barang bekas itu ngga ada ruginya, karena harga setelah 2 bulan dengan harga setelah 10 bulan itu nyaris sama.

Jadi kalau saya jual barang bekas saya ke orang lain, ruginya cuma dikit.

Barang udah lebih dari 2 tahun kalau bisa dihindari, lebih dari 3 tahun udah haram untuk dibeli, wkwk. Kecuali udah paham dan siap sama konsekuensi yang bakal ditanggung.

Sebelum beli barang apa aja, termasuk barang bekas, jangan lupa cek tinjauan yang bilang produk tersebut jelek.

Apa kalau ada segelintir orang yang bilang barangnya jelek terus saya ngga jadi beli? Ya ngga, soalnya setiap barang yang dirilis itu pasti ada aja cacat pabrik, dan itu wajar. Jadi pastikan bahwa buyer itu emang lagi ngga beruntung aja, bukan berarti barangnya emang jelek semua.

Saya pernah mau beli Honda HR-V keluaran 2016, banyak banget tinjauan yang bilang cacat pabrik di kaki-kakinya, akhirnya ngga jadi beli.

Saya juga ngga mau beli Surface 4 sama 5 karena ada cacat produk, yang komplain banyak banget.

Beberapa produk Apple juga sempet ada yang cacat pabrik, tapi saya lupa seri dan tahunnya.

Ya namanya udah cacat pabrik, mau second dan murah sekalipun, tetep jangan dibeli lah.

Jadi, nunggu waktu 2 bulan itu rumus yang powerful, termasuk kalau mau beli barang baru.

Saya suka heran sama orang yang rela antri berjam-jam nungguin barangnya dirilis.

***

Karena yang baru belum tentu memuaskan, dan yang bekas belum tentu mengecewakan.

Bagus.



Daftar link warungqq
Daftar link Zodiakpoker
Daftar link zyngaqq
Daftar link Ludoqq
Daftar link modalqq

Leave a Reply

Your email address will not be published.