Bagaimana Melakukan Perencanaan Iklan Kuartalan

Mungkin Anda memiliki rencana pemasaran tahunan yang memberikan gambaran umum tahun ini. Ini dapat membantu dalam memahami tujuan Anda secara keseluruhan tetapi terlalu kabur untuk diterapkan. Itulah mengapa rencana kampanye dengan jendela yang lebih sempit—seperti seperempat—sangat penting untuk kesuksesan pemasaran.

Rencana kampanye iklan triwulanan memberikan gambaran yang lebih terperinci tentang tujuan, sasaran, dan kesuksesan Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjaga prioritas Anda sejalan dan merespons sesuai dengan KPI dan metrik saat hasilnya tersedia.

Panduan mendalam ini memberikan kiat yang dapat ditindaklanjuti untuk berhasil merencanakan kampanye iklan triwulanan Anda. Pada akhir artikel ini, Anda akan merasa yakin dengan kemampuan Anda untuk membuat rencana kampanye menyeluruh yang dapat Anda dan tim Anda jalankan.

Tinjau KPI dan Metrik Kuartal Terakhir

Langkah pertama untuk perencanaan kampanye di masa mendatang adalah melihat kinerja kuartal sebelumnya. Dengan menggunakan Indikator Kinerja Utama (KPI) dan metrik, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang keberhasilan kampanye sebelumnya.

KPI dapat bervariasi tergantung pada kampanye pemasaran dan tujuan akhirnya, tetapi beberapa KPI yang perlu dipertimbangkan dengan cermat adalah:

  • biaya akuisisi pelanggan (CAC)
  • nilai seumur hidup pelanggan (LTV)
  • laba atas investasi (ROI)
  • prospek berkualitas pemasaran (MQL)
  • rasio traffic-to-lead (tingkat kontak baru)
  • rasio timbal-ke-pelanggan
  • laba atas belanja iklan (ROAS)
  • tingkat konversi
  • lalu lintas situs web
  • retensi pelanggan

Daftar ini adalah perpaduan yang sehat dari KPI jangka pendek dan jangka panjang, yang sangat penting untuk pemasaran yang gesit. Anda tidak perlu menyertakan semuanya dalam tinjauan bisnis triwulanan Anda. Sebaliknya, Anda harus fokus pada satu atau dua yang paling selaras dengan masing-masing tujuan Anda.

Saat memilih KPI untuk dilacak, tanyakan pada diri Anda apakah itu mudah diukur dan sesuatu yang dapat Anda pengaruhi. Semakin banyak kontrol yang Anda miliki atas KPI, semakin berharga penyertaannya dalam pelacakan kinerja Anda.

Dengan informasi di atas, Anda dapat membuat keputusan kampanye triwulanan baru berdasarkan apa yang berhasil, apa yang tidak, dan ide apa yang bisa dijalankan dengan lebih baik.

Tetapkan Sasaran dan Metrik Kampanye untuk Dilacak

Itu tidak cukup untuk membuat rencana. Anda harus melakukannya dengan tujuan tertentu dalam pikiran. Namun, menetapkan tujuan pemasaran yang dapat Anda capai memerlukan pendekatan yang mendalam. Saya merekomendasikan metode SMART untuk penetapan tujuan. Ini singkatan dari:

  • spesifik
  • terukur
  • dapat dicapai
  • relevan
  • dibatasi waktu

Seperti apa ini untuk kampanye pemasaran?

Katakanlah Anda menjalankan kampanye dengan tujuan keseluruhan untuk membawa lebih banyak prospek berkualitas ke corong Anda. Sasaran SMART mungkin terlihat seperti ini:

“Tingkatkan jumlah MQL di corong kami sebesar 8 persen pada akhir Q3 melalui kampanye media sosial yang ditargetkan.”

Sasaran ini mencapai semua tanda sasaran SMART dengan menjadi spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Pada akhir kampanye, Anda dapat dengan mudah menjawab ya atau tidak tentang apakah tujuan telah tercapai. Jika tidak, Anda dapat mengevaluasi kembali untuk kuartal berikutnya.

Evaluasi Penargetan Kampanye

Kampanye iklan Anda hanya akan seefektif audiens yang mereka jangkau. Mengidentifikasi target pasar Anda adalah langkah penting dalam memastikan musim kampanye triwulanan yang sukses.

Anda harus terlebih dahulu melihat lebih dekat pada data dari audiens Anda yang ada. Ini berarti menggali untuk lebih menentukan geografi, rentang usia, dan gaya hidup. Bagaimana tanggapan audiens Anda terhadap kampanye sebelumnya, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tanggapan tersebut?

Misalnya, apakah satu segmen audiens Anda berinteraksi dengan media kampanye tetapi tidak melakukan konversi? Ini menunjukkan minat tingkat permukaan. Anda tidak boleh mengabaikan upaya Anda dengan segmen ini sepenuhnya, tetapi alihkan tujuan Anda ke tingkat yang lebih tinggi dari saluran pemasaran (misalnya, perhatian atau minat).

Anda mungkin ingin mempertimbangkan perluasan audiens target juga. Berdasarkan data kuartal sebelumnya, mungkin Anda menemukan bahwa Anda mencapai demografi yang sebelumnya tidak ada dalam radar Anda. Ini akan menjadi saat yang tepat untuk mempertimbangkan kembali berbagai segmen audiens target Anda dan menambahkan yang baru jika diperlukan.

Untungnya, ada alat gratis seperti Google Analytics untuk membantu Anda mengevaluasi lebih lanjut dan mengelompokkan audiens Anda.

Putuskan Platform Yang Akan Digunakan

Daftar platformnya panjang dan terus bertambah. Platform paling populer termasuk Google, Facebook, Instagram, Bing, Amazon, dan YouTube.

Namun, sebelum Anda memilih platform mana untuk beriklan, Anda harus terlebih dahulu menentukan berapa banyak yang akan Anda gunakan.

Dengan hanya satu atau dua platform, Anda dapat lebih fokus pada bagian audiens Anda yang lebih tersegmentasi. Ini dapat menghasilkan ROI yang lebih tinggi. Namun, jika minat Anda lebih dalam menguji berbagai jenis iklan dan segmen audiens, maka tiga, empat, atau bahkan lima platform mungkin merupakan ide yang bagus.

Anda harus fokus pada kualitas dan juga kuantitas. Setiap platform menawarkan jenis iklannya sendiri, dan menggunakan yang tepat untuk audiens Anda adalah penting. Google, misalnya, memiliki delapan jenis kampanye yang berbeda untuk dipilih:

jenis kampanye google untuk perencanaan iklan

Dengan begitu banyak platform, Anda mungkin merasa terdorong untuk menyebarkan anggaran kampanye Anda ke seluruh spektrum. Lagi pula, bukankah lebih banyak platform berarti jangkauan yang meningkat? Meskipun benar secara teori, lebih penting untuk menargetkan audiens yang tepat.

Tinjau Anggaran Kampanye

Anda dapat membuat kampanye iklan Anda efektif, baik dengan anggaran kecil atau besar. Namun, penting untuk menetapkan anggaran sejak awal sehingga Anda dapat merencanakannya dengan tepat.

Platform yang berbeda akan memiliki tip dan trik yang berbeda untuk pengoptimalan anggaran. Namun, sebelum Anda mempertimbangkan secara spesifik anggaran Anda untuk setiap platform, Anda perlu menentukan biaya iklan menyeluruh.

Ini membantu untuk menggunakan pendekatan top-down. Ini berarti menetapkan anggaran maksimum untuk kuartal yang mencakup semua biaya iklan. Anda kemudian dapat membagi anggaran untuk setiap platform berdasarkan beberapa faktor yang berbeda, seperti:

  • kesuksesan platform sebelumnya
  • pangsa pasar sasaran
  • jenis dan peluang iklan

Lebih jauh lagi, Anda dapat membagi anggaran platform menjadi biaya per iklan. Misalnya, membelanjakan lebih banyak per hari untuk kampanye penjualan dapat lebih masuk akal jika ROI diharapkan lebih tinggi.

Garis Besar Pesan dan Penawaran Kampanye

Meskipun Anda tidak perlu menyelesaikan semua salinan dan aset digital sebelum kuartal, Anda harus memiliki gagasan yang kuat tentang pesan dan penawaran kampanye. Garis besar ini akan bertindak sebagai kerangka kerja Anda untuk pekerjaan yang akan datang.

Garis besar dapat berupa daftar tanggal sederhana dengan pesan dan penawaran yang sesuai, atau dapat dimasukkan ke dalam alur kerja Anda. Yang paling penting adalah menjawab tiga pertanyaan ini:

  • Siapa target audiensnya?
  • Apa tujuan dari iklan tersebut?
  • Pada platform apa iklan ini akan ditampilkan?

Semakin detail pesan dan penawaran kampanye Anda di awal, semakin mudah untuk merencanakan alur kerja Anda. Proses ini juga membutuhkan banyak tebakan sehingga tujuan kampanye jelas bagi semua anggota tim pemasaran.

Kelemahan dari terlalu detail adalah rencananya bisa terasa agak kaku. Anda harus mendiskusikan secara internal seberapa detail yang ingin Anda dapatkan di awal kuartal. Tim Anda mungkin lebih memilih untuk mengalir sedikit lebih bebas, atau mereka mungkin lebih memilih untuk mengunci kampanye 90 hari sebelumnya.

Anda dapat dengan mudah memasukkan detail kampanye ke dalam spreadsheet atau dokumen kata. Ada juga template penawaran kampanye yang lebih rinci untuk mereka yang menyukainya.

Buat Alur Kerja Produksi Aset

Di awal kuartal, daftar pekerjaan yang harus diselesaikan bisa sangat panjang dan melelahkan. Pada titik inilah membangun alur kerja yang efektif sangat penting untuk kesuksesan kampanye di masa depan.

Alur kerja produksi aset memastikan aset kampanye (termasuk salinan, gambar, video, dan elemen digital lainnya) diselesaikan tepat waktu. Alur kerja yang baik memastikan kolaborasi tim dan komunikasi yang jelas.

Alur kerja akan bervariasi tergantung pada jenis aset dan jumlah kolaborator. Langkah-langkah dasar produksi kreatif meliputi ideation, penciptaan, review, persetujuan, dan peluncuran.

Anda dapat mengelola langkah-langkah ini dalam spreadsheet, meskipun ada banyak platform manajemen proyek. Platform ini sering menawarkan template untuk memicu kreativitas Anda.

Template desain Trello untuk perencanaan iklan

Platform seperti Trello dan Asana memungkinkan Anda membuat alur kerja yang mulus. Anda dapat menambahkan beberapa kolaborator ke setiap papan, serta menggunakan tenggat waktu, daftar periksa, dan pemicu untuk tetap mengerjakan tugas. Platform ini membantu Anda lebih fokus pada proses dan lebih sedikit pada manajemen proses.

Buat Rencana Pengujian Kampanye

Menguji kampanye Anda secara berkelanjutan penting untuk pengoptimalan pemasaran di masa mendatang. Hasil pengujian kampanye memberikan wawasan tentang audiens target Anda sehingga Anda dapat menyempurnakan kampanye pemasaran Anda dengan lebih baik.

Dengan mengingat hal ini, penting untuk menyertakan pengujian kampanye dalam keseluruhan perencanaan kampanye Anda. Ini memastikan aset dibuat di awal proses dan diperiksa dengan benar.

Beberapa contoh pengujian kampanye meliputi:

  • audiens sasaran
  • anggaran
  • waktu dalam seminggu dan hari
  • ajakan bertindak (CTA)
  • susunan kata
  • kata-kata kekuatan dalam berita utama

Mungkin tergoda untuk melakukan pengujian kampanye secara spontan. Namun, sebaiknya rencanakan pengujian ini sejak awal dan sertakan dalam alur kerja aset Anda. Anda dapat menggunakan hasil tes ini di masa mendatang.

Pertanyaan Umum Tentang Perencanaan Kampanye Iklan

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang perencanaan kampanye iklan, lihat jawaban atas pertanyaan umum tentang topik ini.

Seberapa sering saya harus meninjau rencana kampanye iklan saya?

Sesi perencanaan triwulanan penting untuk menetapkan garis besar dan tujuan triwulan. Namun, penting untuk mengevaluasi kembali secara teratur sepanjang kuartal, dan berputar sesuai kebutuhan. Anda harus melihat setidaknya setiap minggu pada rencana kampanye Anda untuk menentukan keberhasilan.

Seberapa awal saya harus merencanakan kampanye iklan saya untuk musim liburan?

Ketika datang ke perencanaan iklan liburan, lebih awal, lebih baik. Untuk hasil terbaik, Anda harus mulai merencanakan musim liburan berikutnya segera setelah musim liburan sebelumnya berakhir. Jika Anda sudah tertinggal, maka Anda harus tetap sederhana dan siap untuk beradaptasi.

Apa yang harus disertakan dalam analisis kampanye iklan?

Analisis kampanye iklan harus mencakup setidaknya tiga langkah: peninjauan, pengambilan, dan langkah selanjutnya. Ini berarti Anda harus meninjau hasil, menyoroti hal-hal yang dapat diambil (yaitu, apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil), dan menguraikan langkah-langkah selanjutnya yang direkomendasikan (misalnya, mengevaluasi kembali bagaimana tujuan dapat ditingkatkan untuk kuartal berikutnya).

Jenis tujuan apa yang harus saya tetapkan untuk kampanye iklan saya?

Saat membuat kampanye iklan, Anda harus melakukannya dengan satu tujuan utama. Tujuan dapat dibagi menjadi tiga kategori: kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Kampanye kesadaran bertujuan untuk meningkatkan jangkauan, kampanye pertimbangan bertujuan untuk mendorong keterlibatan, dan kampanye konversi bertujuan untuk mendorong konversi.

Kesimpulan Perencanaan Kampanye Iklan Triwulan

Saat Anda beralih ke perencanaan kampanye iklan triwulanan, Anda akan merasa lebih percaya diri dengan kemampuan Anda untuk melaksanakan dan mengevaluasi sasaran pemasaran Anda. Ini benar apakah Anda sedang bertransisi dari rencana kampanye tahunan, yang mungkin terlalu kabur, atau rencana kampanye mingguan, yang bisa terlalu terperinci.

Rencana kampanye triwulanan memungkinkan Anda untuk memecah sasaran, sasaran, dan anggaran Anda menjadi potongan-potongan kecil. Ini mengurangi beban sementara juga memberikan fleksibilitas.

Lebih penting lagi, jendela 90 hari yang termasuk dalam rencana kampanye triwulanan adalah waktu yang cukup untuk dijalankan dengan sempurna sambil juga mengevaluasi kesuksesan Anda di sepanjang jalan. Kerangka kerja tangkas ini memungkinkan Anda untuk merespons sesuai dengan hasil kampanye Anda sehingga Anda dapat menjadi proaktif.

Tujuan apa yang ingin Anda soroti dengan rencana kampanye iklan triwulanan Anda berikutnya?

Konsultasi dengan Neil Patel

Lihat Bagaimana Agensi Saya Dapat Mengemudi Besar sekali Jumlah Lalu Lintas ke Situs Web Anda

  • SEO – membuka sejumlah besar lalu lintas SEO. Lihat hasil nyata.
  • Pemasaran Konten – tim kami membuat konten epik yang akan dibagikan, mendapatkan tautan, dan menarik lalu lintas.
  • Media Berbayar – strategi berbayar yang efektif dengan ROI yang jelas.

Pesan Panggilan

Daftar link berlinqq
Daftar link bisaqq
Daftar link boyaqq
Daftar link bundapoker
Daftar link cafeqq

Leave a Reply

Your email address will not be published.