Udah ngga keitung, berapa banyak orang yang minta kepada saya sebagaimana judul tulisan ini.

Ada yang menggunakan bahasa alus, ada juga yang asal jeplak aja.

Hei, siapapun kalian, bukan begitu cara menjadi pinter-paham-ngerti di suatu bidang, termasuk bisnis online.

Bukan gitu cara biar kamu bisa melakukan seperti apa yang saya mereka lakukan.

Saya selalu bersyukur dengan apa yang saya dapet selama ini, alhamdulillah. Allah mudahkan segalanya.

Laa haula wa laa quwwata, illaa billaah.

Tulisan ini ngga ada maksud sombong. Saya cuma mau kamu mikir, dan bener cara mikirnya.

Dunia itu ngga sesimpel kamu ngomong “ajarin saya dong!”

Kalo mau pinter cuma modal “ajarin saya dong!” ya ngga seru lah menjalani kehidupan dunia.

Gimana Prosesnya

Saya mau kasih tau dulu, apa yang kamu lihat dari saya saat ini adalah hasil dari sebuah proses panjang (dan kemudahan dari Allah).

Saya memulainya sekitar 10 tahun lalu.

Dalam masa waktu tersebut, ada banyak hal yang saya lalui.

Jangan dipikir saya cuma duduk leha-leha, luntang-luntung, terus bisa seperti sekarang.

besar tidak!

Ada banyak hal yang saya curahkan dan korbankan.

Bukan cuma waktu, tenaga, pikiran, dan uang, tapi juga perasaan (duh).

Lebih dari 5 kali saya ditolak oleh camer karena dianggap ngga punya kerjaan.

Itu semua, kalo divaluasi udah ngga ada nominalnya, ngga terbayarkan dengan harga berapapun.

Setelah semua yang saya lalui itu, terus tiba-tiba ada yang dateng dan bilang “ajarin saya dong!”, plis hey!

Belajar Jadi Manusia

Jika Anda ingin mendapatkan sesuatu dari saya, bersikaplah baik dan hormati saya.

Saya akan ajarin, gimana caranya kamu bisa dapet apapun dari saya siapapun.

Setelah perjalanan dan pengorbanan yang saya lakukan, kamu tiba-tiba dateng dan bilang “ajarin saya dong!” seolah ngga ada apa-apa dan ngga terjadi apa-apa.

Kamu pikir itu akan berhasil? Udah pasti ngga!

Bukan saya ngga mau ngajarin, tapi ngajarin orang dengan pola pikir yang masih kayak gitu, itu yang saya ngga mau, buang-buang waktu.

***

Yang bisa dapetin fasilitas dari perusahaan Adidas ya cuma mereka yang resmi terdaftar sebagai bagian dari Adidas.

Untuk bisa jadi bagian dari sebuah perusahaan, ada prosedur yang harus dilakukan. Kirim proposal, seleksi, wawancara, tanda-tangan kontrak, dst.

Ngga bisa tiba-tiba dateng, kerja sebulan, terus di akhir bulan minta gaji.

Sentuh hatinya, maka kamu bisa dapatkan segalanya.

Itu bukan hanya gosip.

Saya sendiri juga mempraktekkan pepatah itu dalam hidup saya ketika saya ingin mendapatkan sesuatu dari orang lain.

Saya akan sentuh hatinya, meninggalkan bekas di benaknya, dan memberikan kesan terbaik dalam pengalamannya.

Untuk bisa menyentuh hati dengan baik dan benar, butuh upaya. Ada sesuatu yang harus saya lakukan.

  1. Saya mempelajari profilnya.
  2. Cari tahu apa yang dia suka.
  3. Mencari celah, lewat mana saya bisa mendekat padanya.
  4. Momen apa yang tepat untuk membuka pembicaraan.
  5. Apa yang harus saya tunjukkan supaya saya bisa tongkat di ingatannya.
  6. Kalau perlu, saya siapkan modal yang layak.

Dan ajaibnya, itu berhasil!

Ngga mungkin lah, saya tiba-tiba bilang ke dia “ajarin saya dong!”

***

Pernah ada orang dateng ke rumah saya dari Uni Emirat Arab, dan setelah selesai ngobrol 2 jam, dia balik terbang lagi ke sana.

Cuma gitu doang, tapi itu benar-benar membuat kesan di kepalaku.

Gimana ngga impress, dalam obrolan 2 jam itu juga terjadi transaksi ratusan juta XD (alhamdulillah).

***

Saya ngga nyuruh kamu untuk punya banyak uang dulu, ngga.

Poin penting di sini adalah, Bersikaplah yang baik. Jadilah manusia yang punya sikap baik.

Manusia itu suka sama hal-hal baru, suka sama diskusi, suka sama interaksi. Ngobrol santai, ngalir, yang ngga pake mikir. Ngga usah berat-berat, yang penting intens aja. Samain frekuensinya.

Benerin itu niatmu yang pengen buru-buru bisa, buru-buru berhasil. Banyak topik yang bisa dibahas, kenapa ngomongin duit mulu, kenapa ngomongin bisnis mulu.

Obrolan Orang-orang Berduit

Alhamdulillah, saya dikasih banyak kesempatan oleh Allah untuk bisa masuk ke dalem lingkaran orang-orang berduit, dan jadi ngerti gimana cara mereka berinteraksi dengan sesama manusia.

Kenapa saya tulis ini sebagai bagian dari pembahasan di Pos ini? Ada mental yang harus dimeningkatkan dan kayaknya beberapa paragraf di bawah ini bisa berkontribusi terhadap hal tersebut.

Orang berduit itu tetep manusia, mereka bergaul dengan siapa aja, di mana aja.

90% obrolannya itu ya seperti kebanyakan orang pada umumnya, masalah harian, hobi, berita terkini, cekikikan, mengulas sesuatu. Cuma 10% yang serius.

Saya memperbanyak wawasan biar bisa nyambung terus pas ngumpul sama orang-orang berduit.

Abis ngobrol ngalor-ngidul ngga jelas berjam-jam, nanti garis pukulan nya itu semacam “gini lho caranya biar bisa jadi 100 juta”.

Penting bagi kamu untuk melibas semua topik pembahasan, membaca semua bidang keilmuan, melahap banyak buku atau artikel untuk bahan baca harian.

Bisa baca 30 topik ngobrol seru yang ada di blog Revorma.

Hal-hal itu, selain bikin kamu makin luas wawasan, akan bikin kamu bisa ngomong apa aja sama siapa aja.

Pernah ngga sih kamu ngobrol sama orang tentang hal-hal yang orang itu suka? Dijamin obrolannya seru dan hidup, berjam-jam ngga kelar. Itu ngga akan terjadi kalo kamu ngga pernah nambah wawasan dan informasi tentang apapun.

Harusnya kamu paham kenapa saya tulis penjelasan barusan.

Cara Paling Gampang

Ngga berasa udah nulis banyak, semoga kamu dapet manfaat dari rangkaian kata-kata di atas.

Saya mau masuk ke yang paling gampangnya aja deh.

Saya yakin kamu punya ilmu dan pengalaman, kenapa ngga kita barter aja?

Ajarin saya gimana caranya kamu bisa dapetin 10 juta (atau lebih) setiap bulan versi kamu, dan saya akan ajarin cara dapetin 10 juta per bulan versi saya.

Alih-alih Anda mengatakan “tolong ajari saya!” mending kamu bilang “mari barter ilmu!”. Itu lebih menguntungkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.