7 Strategi Terbaik untuk Merek D2C

Perusahaan D2C, menurut definisi, mengambil perantara dan menjual produk mereka “langsung ke konsumen.”

Dalam banyak hal, ini tampak seperti pilihan yang jelas. Anda menjual produk Anda langsung kepada mereka dan memotong biaya apa pun yang diperlukan dengan platform penjualan grosir dan lainnya. Plus, Anda tidak perlu membebankan biaya markup untuk menutupi biaya tambahan tersebut, sehingga Anda dapat menjaga harga tetap rendah untuk pelanggan Anda.

Cegukan datang dengan pemasaran. Toko yang dapat Anda jual grosir memiliki keunggulan loyalitas pelanggan, pengenalan merek, inventaris yang beragam, dan lokasi yang nyaman.

Dengan D2C, Anda harus menemukan pelanggan tersebut dan meyakinkan mereka untuk membeli langsung dari Anda, daripada mengambil barang itu saat mereka berbelanja lagi.

Ini bisa menjadi tantangan, tetapi ketika dilakukan dengan benar, itu bisa jadi sepadan.

Contoh Merek D2C

Kita hidup di dunia pengganggu. Akibatnya, banyak merek D2C paling populer cenderung memiliki sudut pandang pemberontak atau revolusioner terhadap produk atau layanan mereka.

1. Klub Mencukur Dolar

Contoh Merk D2C - Dollar Shave Club

Dollar Shave Club adalah lambang merek D2C karena produk mereka sering kali merupakan pembelian menit terakhir. Pisau cukur untuk mencukur sering kali bukan sesuatu yang Anda cari di internet.

Dollar Shave Club menemukan cara untuk langsung menjual dengan cara yang juga membantu pelanggan mereka menghindari hal yang tak terhindarkan: Lupa menambahkannya ke daftar belanja mereka atau tidak menyadari bahwa mereka membutuhkannya sampai terlambat.

2. Warby Parker

Warby Parker bukanlah perusahaan kacamata D2C pertama, tetapi mereka adalah salah satu yang pertama membuatnya keren.

Kacamata sering dijual grosir di kantor dokter setelah janji temu. Kantor memiliki audiens yang menawan, dan penjual kacamata dapat terhubung dan menyediakan mereka dengan gaya terbaru.

Masalah bagi konsumen datang ketika kantor tidak memiliki gaya yang mereka sukai atau ketika semua pilihan terlalu mahal untuk mereka. Mereka mungkin merasa tertekan untuk menerima sesuatu sehingga mereka memiliki pasangan dalam resep baru mereka.

Contoh Merk D2C - Warby Parker

Warby Parker mengambil pendekatan D2C untuk menghadirkan beberapa merek yang sangat bergaya dan membiarkan pelanggan mencobanya. Akibatnya, pelanggan tidak perlu merasakan tekanan itu untuk sekadar memilih sesuatu.

Melalui Warby Parker, pelanggan dapat menggunakan aplikasi untuk melihat penampilan mereka di banyak kacamata “sewa”. Antara ini dan memiliki waktu untuk memamerkan gaya ke teman-teman mereka, mereka dapat mengambil beberapa untuk semacam test drive, lalu membeli yang mereka sukai.

Warby Parker dapat menawarkan harga yang kompetitif dengan menjual langsung dan menghindari markup di kantor dokter.

3. Langganan Kopi Peet

Sebagian besar dari kita membeli kopi di toko kelontong—terkadang hanya karena kita menyadari bahwa kita sudah kehabisan. Kami tidak sering berpikir untuk membeli langsung dari pembuat kopi kecuali kami berbicara tentang kedai kopi lokal yang menyeduh sendiri.

Peet’s menyatukan konsep-konsep ini dengan layanan berlangganan kopi mereka. Akibatnya, produk yang sama yang biasanya Anda dapatkan di toko sekarang tersedia dalam pengiriman bulanan yang eksklusif.

Contoh Merek D2C - Kopi Peets

Hampir semua merek yang menggunakan opsi berlangganan D2C khusus selain lokasi ritelnya memungkinkan konsumen untuk merasa lebih dekat dengan kantor pusat produsen kopi ini. Artinya, merek tersebut paling dikenal di bagian negara tertentu, dan mereka memasarkan langganan mereka kepada mereka yang tinggal di sana dan telah pindah.

7 Strategi untuk Merek D2C

D2C, menurut definisi, berarti Anda harus dapat menjangkau audiens target Anda. Namun, sebelum Anda dapat menjangkau mereka, Anda perlu tahu siapa mereka. Semakin banyak Anda dapat mempelajarinya, semakin baik peluang Anda untuk tidak hanya menemukannya dengan pesan Anda, tetapi juga peluang mereka untuk berubah menjadi merek Anda.

1. Manfaatkan Review dan Testimonial dengan Baik

Dari mulut ke mulut sangat kuat untuk merek apa pun, tetapi D2C sangat bergantung pada pelanggan setia yang menyebarkan berita. Manfaatkan kekuatan ini dengan mengumpulkan ulasan dan testimonial dan membagikannya di iklan, media sosial, halaman arahan, halaman produk, dan lokasi relevan lainnya.

Temukan cerita dari pelanggan Anda yang berbicara dengan pembeda utama Anda dan gunakan umpan balik yang menceritakan kisah tentang dampak yang Anda buat dalam hidup mereka. Misalnya, apa yang berbeda dari apa yang Anda jual? Bagaimana akhirnya memberikan solusi yang mereka cari?

Ulasan dan testimonial tersebut terdengar seperti berbicara dengan seorang teman dan membantu calon pelanggan merasa didengarkan.

2. Berada Di Sana Saat Mereka Mencari Anda

Menggunakan iklan SEO (optimasi mesin pencari) dan PPC (bayar per klik) dapat menempatkan merek Anda di depan audiens potensial Anda di mana mereka mencari Anda. Dengan menelitinya dengan baik, Anda dapat mempelajari kata kunci dan frasa yang mereka gunakan untuk menemukan apa yang Anda jual.

Mulailah dengan SEO di halaman, memanfaatkan kata kunci yang dicari pasar target Anda dan memastikan situs web Anda menggunakan kata kunci tersebut secara efektif. Menenun kata kunci tersebut menjadi berita utama, deskripsi produk dan tag, judul halaman, dan banyak lagi.

Kemudian buat iklan yang memanfaatkan kata kunci tersebut. Anda dapat menempatkannya di Google agar muncul saat orang menelusuri. Pastikan iklan Anda memberikan gambaran yang jelas tentang solusi yang Anda berikan.

Tetap menjadi yang terdepan dalam benak pelanggan Anda dengan menggunakan iklan penargetan ulang yang akan muncul saat mereka menggulir situs lain nanti. Setelah beberapa saat, merek Anda akan mulai terasa familier, dan Anda mungkin memasuki alam bawah sadar calon pelanggan Anda.

3. Jadilah Kreatif Dengan Penempatan Iklan

Anda dapat mengambil pendekatan ke tingkat lain dengan muncul di tempat lain di mana Anda tahu audiens target Anda. Anda mungkin menggunakan kata kunci yang akan digunakan pesaing Anda atau sedikit di luar topik tetapi masih terkait, kata kunci yang dicari audiens target Anda. Ini adalah pendekatan pengganggu yang dapat bekerja dengan sangat baik untuk merek D2C bila dilakukan secara kreatif dan intuitif.

Meskipun bukan D2C, Anda dapat melihat ini banyak dengan merek perangkat lunak dan teknologi. Berikut adalah contoh.

Strategi untuk Merek D2C - Jadilah Kreatif Dengan Penempatan Iklan

Anda perlu mengetahui audiens Anda untuk membuat ini berhasil: Apa yang mereka cari? Apa selera humor yang mereka miliki? Apa yang membuat mereka unik?

4. Tawarkan Sesuatu yang Berbeda

Ini adalah langkah penting untuk merek D2C. Jika Anda akan menjual produk langsung ke klien, Anda harus memberi mereka alasan untuk membeli.

Terkadang harga yang lebih rendah atau kepribadian merek yang unik dapat membantu mereka memilih Anda daripada Amazon, mal, toko obat, atau Target.

Namun, untuk mendapatkan daya tarik dengan merek D2C dan membangun momentum yang cukup untuk membuatnya jangka panjang, Anda harus datang ke pasar dengan cara yang berbeda secara fundamental.

Bagi banyak merek D2C, ini mungkin berarti langganan bulanan, seperti kopi yang disebutkan di atas. Anda bisa menghadirkan kemudahan tidak lupa atau kehabisan produk yang dibutuhkan.

Anda juga dapat menawarkan pendekatan unik kepada konsumen Anda. Misalnya, bagaimana barang-barang di industri Anda biasanya dikemas, dijual, dan dikirim? Bagaimana Anda bisa membuat pengalaman lebih baik? Bagaimana Anda bisa memberikan lebih banyak?

5. Rujukan dan Dari Mulut ke Mulut

Saat Anda membangun merek D2C Anda, pelanggan Anda akan menjadi pemasar terbaik Anda. Ketika mereka menyukai apa yang Anda lakukan, mereka dapat membantu orang lain menjadi bersemangat. Selain itu, mereka mungkin dapat berbicara tentang produk atau layanan Anda lebih baik daripada Anda, jadi biarkan mereka berbicara!

Dial up program rujukan Anda dengan menawarkan insentif kepada mereka yang merujuk orang lain ke merek Anda dan bahkan suap yang lebih baik kepada mereka yang memasukkan pekerjaan dan membawa banyak rujukan.

Permudah audiens Anda dengan memberikan URL unik yang dapat mereka bagikan dengan orang lain. Anda juga dapat memasukkan kartu pos dan suguhan kecil ke dalam kiriman Anda untuk membantu pelanggan Anda menyebarkan berita.

6. Siapkan Chatbot

Perusahaan D2C yang sukses membangun hubungan dengan pelanggan mereka sejak awal. Hubungan tersebut dimulai dengan interaksi pertama, dan Anda dapat menambahkan chatbot ke interaksi pertama tersebut di situs web Anda.

Chatbot memungkinkan orang untuk segera mulai “berbicara” dengan seseorang untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Meskipun interaksi awal tersebut akan otomatis, Anda dapat dan harus menindaklanjuti dengan pelanggan yang berinteraksi dengan chatbot Anda untuk mengetahui bagaimana Anda dapat membantu lebih banyak.

Bawa rasa kemanusiaan ke merek Anda, dan Anda bisa menonjol dari persaingan perusahaan.

7. Ubah Pelanggan menjadi Pengembang Produk

Apa yang diinginkan pelanggan Anda dari Anda? Tanyakan saja!

Di antara manfaat paling signifikan dari D2C adalah Anda memiliki akses ke pelanggan Anda. Anda dapat berkomunikasi dengan mereka, jadi lakukanlah.

Ajukan pertanyaan dan dengarkan pelanggan Anda: yang senang dan yang tidak senang. Mereka akan menjadi departemen penelitian dan pengembangan terbaik Anda.

Mereka dapat memberi tahu Anda tentang apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan, serta produk atau layanan lain apa yang ingin mereka lihat di masa mendatang.

Ini tidak hanya membantu Anda membawa produk ke pasar yang disukai orang, tetapi juga membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda. Orang ingin merasa didengar, dan Anda dapat menonjol sebagai merek yang mendengarkan.

Sumber Daya Tambahan untuk Merek D2C Baru

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis D2C atau ingin menawarkan beberapa produk langsung ke konsumen, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang keuntungan dan tantangan dari pendekatan ini dan beberapa strategi untuk sukses.

  1. Artikel D2C dan Milenial dari Fundera oleh NerdWallet
  2. Anda mungkin telah memperhatikan beberapa tumpang tindih di pasar milenium dan peningkatan merek D2C. Fundera menjelaskan lebih lanjut tentang cara memanfaatkan koneksi itu di artikel ini.
  3. Koleksi Podcast D2C

Jika belajar dengan podcast lebih sesuai dengan gaya Anda, berikut adalah kumpulan podcast, episode, dan tema yang mungkin menarik bagi Anda saat menjelajahi peluang ini.

  1. Webinar D2C dan Pelanggan Loyal dari Shippo

Seperti yang telah kita diskusikan, membangun basis pelanggan yang setia bukan hanya keharusan dari pendekatan D2C, tetapi juga merupakan keuntungan dari menyiapkan merek Anda dengan cara ini. Pelajari lebih lanjut dari tim di Shippo tentang bagaimana Anda dapat menggunakan berbagai alat dan sumber daya untuk memenangkan pelanggan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Langsung ke Konsumen (D2C)

Apa yang dimaksud dengan D2C dalam ritel?

D2C berarti “langsung ke konsumen” dan mengacu pada pemeliharaan inventaris dan penjualan produk langsung ke pelanggan Anda.

​​Apakah Amazon adalah perusahaan D2C?

Sebagian besar tidak; Perusahaan D2C menjual produk sendiri langsung ke pelanggan. Amazon memang memiliki beberapa produk bermerek, tetapi sebagian besar barang dimiliki oleh perusahaan lain yang menggunakan Amazon sebagai platform penjualan.

Merek apa yang akan D2C?

Merek dari setiap industri mulai mencoba metode ini untuk menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan.

Bisakah Anda menghasilkan banyak uang dengan perusahaan D2C?

Sukses dengan D2C bergantung pada apakah Anda dapat terhubung dengan audiens target Anda dan menyediakan mereka secara langsung dengan produk atau layanan yang tidak dapat mereka dapatkan di tempat lain atau dengan cara yang lebih baik. Tren ini berkembang dan banyak perusahaan melihat kesuksesan dengannya.

7 Strategi untuk Perusahaan D2C Kesimpulan

Perusahaan D2C semakin populer karena teknologi pemasaran e-niaga memudahkan untuk terhubung dengan audiens Anda dan membangun proses penjualan di rumah.

Jika Anda ingin mengatasi model grosir atau dropshipping standar, atau jika Anda hanya ingin mencoba metode baru, Anda mungkin ingin mencoba langsung ke konsumen. Ini dapat memberi Anda hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda dan memberikan peluang baru.

Apakah Anda siap untuk pendekatan penjualan D2C?

Konsultasi dengan Neil Patel

Lihat Bagaimana Agensi Saya Dapat Mengemudi Besar sekali Jumlah Lalu Lintas ke Situs Web Anda

  • SEO – membuka sejumlah besar lalu lintas SEO. Lihat hasil nyata.
  • Pemasaran Konten – tim kami membuat konten epik yang akan dibagikan, mendapatkan tautan, dan menarik lalu lintas.
  • Media Berbayar – strategi berbayar yang efektif dengan ROI yang jelas.

Pesan Panggilan

Daftar link depoqq
Daftar link dewadominoqq
Daftar link dewajudiqq
Daftar link dewapokerqq
Daftar link evodomino

Leave a Reply

Your email address will not be published.