5 Elemen Desain Grafis Utama untuk Kampanye Berbayar

Pikirkan tentang jumlah iklan yang Anda lihat dalam satu hari rata-rata. Bisakah Anda mengingat semuanya? Jangan khawatir jika jawabannya tidak. Lagi pula, rata-rata orang melihat hingga 10.000 iklan per hari di internet!

Izinkan saya mengajukan pertanyaan yang lebih mudah. Pikirkan tentang kampanye pemasaran terakhir yang dapat Anda ingat. Iklan terakhir yang membuat Anda duduk dan memperhatikan. Bagaimana dengan iklan yang menarik perhatian Anda?

Kemungkinannya adalah, Anda memiliki sesuatu yang visual dalam pikiran. Baik itu gambar, video, atau gambar interaktif, saya yakin Anda ingat sesuatu tentang estetika—desain grafis.

Lihat, desain grafis adalah tentang komunikasi: mengirimkan pesan yang tepat kepada audiens yang Anda tuju dan menunjukkan apa yang istimewa dari merek Anda. Izinkan saya menunjukkan kepada Anda mengapa desain grafis penting dalam kampanye iklan berbayar dan jenis elemen yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan yang menonjol.

Pentingnya Desain Grafis dalam Kampanye Berbayar

Sejujurnya, ada begitu banyak alasan mengapa elemen visual berfungsi dalam kampanye iklan. Namun, kami telah mempersempitnya menjadi tiga alasan utama desain grafis sangat penting untuk kampanye berbayar, apa pun niche Anda.

Sebagai permulaan, desain grafis memungkinkan Anda untuk membuat kesan pertama yang baik dengan audiens target Anda. Ini menentukan bagaimana prospek memandang merek Anda. Apakah kesan pertama benar-benar penting?

Tentu. Pikirkan saja tentang berapa banyak persaingan di luar sana, untuk satu hal. Tampil menonjol dari keramaian dengan memberikan kesan pertama yang profesional dan positif dengan desain yang menarik.

Kedua, desain grafis membantu memperkuat identitas merek Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menceritakan kisah merek Anda dengan cara yang unik dan kreatif yang dirancang untuk menarik perhatian calon pelanggan. Anda dapat menggunakan serangkaian iklan yang konsisten dan terhubung untuk benar-benar mengarahkan pesan yang diinginkan dan membentuk perspektif audiens tentang apa yang diperjuangkan perusahaan Anda.

Akhirnya, visual yang bagus berbicara lebih keras daripada kata-kata. Mereka melampaui bahasa dan melintasi batas untuk mengkomunikasikan pesan yang kuat dan efektif kepada audiens target.

Kuncinya? Desain grafis membantu Anda membuat konten yang menarik perhatian dan melekat di benak calon pelanggan lama setelah konten menghilang dari layar mereka.

Desain grafis terdengar hebat, bukan? Memang, tetapi ingatlah beberapa kata peringatan: Meskipun visual yang bagus dapat melakukan keajaiban bagi merek Anda, desain grafis yang buruk dapat meninggalkan kesan yang buruk.

Tetap gunakan elemen grafis profesional berkualitas tinggi, dan pertahankan pesan Anda tetap konsisten: Dibutuhkan lima hingga tujuh interaksi bagi seseorang untuk mengingat suatu merek, jadi buatlah lebih mudah dengan berkomunikasi secara konsisten.

Tidak yakin harus mulai dari mana dengan desain grafis? Anda memiliki dua opsi utama. Jika anggaran Anda melebihi itu, Anda mungkin ingin menyewa perusahaan profesional untuk membantu Anda mendesain grafis yang bagus. Atau, ada banyak alat desain grafis yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain Anda sendiri.

5 Elemen Desain Grafis Utama dalam Kampanye Berbayar

Oke, jadi itulah mengapa desain grafis sangat penting untuk kampanye berbayar yang sukses. Elemen apa yang masuk ke dalam iklan yang bagus? Bagaimana Anda membuat elemen visual yang berbeda bekerja sama untuk membuat kampanye yang berkesan?

Meskipun tidak ada formula “ajaib”, ada lima elemen kunci yang dapat Anda gunakan untuk membuat kampanye yang menarik secara visual. Anda tidak perlu menggunakan semuanya dalam setiap desain, tetapi idealnya Anda harus menggunakan elemen sebanyak mungkin untuk memperkaya konten Anda. Lagi pula, Anda hanya memiliki kira-kira dua detik untuk menarik perhatian seseorang sebelum mereka melanjutkan, jadi iklan berbayar Anda harus menonjol.

Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat setiap elemen secara bergantian dan pertimbangkan apa itu, bagaimana mereka digunakan dalam desain grafis, dan bagaimana mereka bekerja bersama.

1. Tipografi

Dalam desain grafis, tipografi mengacu pada bagaimana Anda mengatur teks dalam iklan Anda. Begitulah cara Anda menampilkan kata-kata untuk dengan cepat menarik perhatian seseorang dan mengomunikasikan pesan inti Anda.

Tipografi memberi tahu orang-orang mengapa iklan Anda penting, jadi penting bagi Anda untuk memilih kata yang tepat. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah font dan ukuran teks.

Font secara langsung memengaruhi getaran atau suasana hati iklan Anda. Misalnya, font yang tajam dan bersudut mengirimkan pesan yang kuat:

Contoh Desain Grafis Tipografi Tebal

Font yang lebih lembut, di sisi lain, memiliki getaran yang lebih santai:

Contoh Desain Grafis Tipografi Font Lembut

Ukuran dan kepadatan juga penting. Huruf besar dan tebal menyampaikan pesan yang kuat, sementara huruf yang lebih kecil dan tipis lebih elegan dan tak lekang oleh waktu.

Akhirnya, tipografi mencakup penekanan teks. Menyoroti, menebalkan, atau memiringkan beberapa kata menarik perhatian khusus pada kata-kata tersebut, sehingga orang dengan cepat mengetahui kata mana yang paling diperhatikan.

Jangan biarkan tipografi membuat Anda takut. Anggap saja sebagai bagaimana Anda menyatukan kata-kata di layar. Bereksperimenlah dengan pemosisian teks yang berbeda untuk memastikan iklan seimbang, dan lihat contoh iklan di niche Anda untuk melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak.

2. Visual

Dengan “visual”, saya berbicara tentang gambar sebenarnya yang Anda gunakan untuk menarik perhatian seseorang. Visual dapat mencakup:

  • ilustrasi
  • foto-foto
  • video
  • logo
  • grafik
  • diagram lingkaran

Mengapa visual begitu penting? Yah, mereka membuat sebagian besar iklan Anda. Kecuali jika Anda menggunakan huruf yang sangat tebal atau banyak ruang kosong (yang akan kita bahas nanti), gambar adalah inti dari konten visual Anda.

Anda dapat menggunakan visual untuk menyampaikan pesan yang mungkin sulit diungkapkan melalui kata-kata, atau Anda dapat menggunakan visual untuk memperkuat pesan tertulis.

Video, misalnya, membantu Anda menjelaskan cara kerja sesuatu secara lebih mendetail. Ini adalah kesempatan untuk lebih dekat dengan audiens Anda dan membangun kepercayaan pada merek Anda:

Infografis, di sisi lain, membantu pemasar memadatkan poin kompleks menjadi konten yang menarik secara visual yang mudah dikonsumsi dan dipahami. Terakhir, elemen seperti logo memungkinkan pemasar meningkatkan visibilitas merek di media sosial dan di tempat lain secara online.

Bawa pulang? Anda dapat menggunakan visual untuk membuat kehadiran merek yang konsisten sambil mengomunikasikan pesan inti Anda dengan cara yang menarik.

Visual adalah kunci untuk membentuk keseluruhan suasana desain grafis Anda, jadi pikirkan baik-baik tentang jenis elemen visual yang ingin Anda sertakan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan iklan Anda. Sekali lagi, mungkin ada baiknya melihat iklan yang berhasil di niche Anda dan melihat apa yang dapat Anda pelajari darinya.

3. Ruang

Secara khusus, ruang dalam desain grafis mengacu pada ruang yang mengelilingi elemen lain seperti teks, bentuk, atau visual. Ini juga disebut sebagai ruang “putih” atau ruang “negatif”.

Pikirkan ruang putih sebagai fondasi Anda. Anda mulai dengan layar kosong atau putih, dan Anda membangun elemen lain di sekitar ruang ini. Dengan kata lain, ruang putih adalah kanvas, memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan elemen kontras, menarik perhatian ke visual utama, dan menciptakan getaran yang tepat.

Agar jelas, tidak perlu ruang itu benar-benar putih; itu bisa warna apa saja. Yang penting adalah ada ruang yang jelas di antara elemen visual Anda untuk menghindari estetika yang membingungkan.

Poin utama yang harus diingat? Jika tidak ada cukup ruang di antara elemen, desain Anda mungkin berantakan, menggelegar, dan sulit dipahami oleh audiens Anda. Di sisi lain, jika ada terlalu banyak ruang, iklan mungkin tampak berlebihan atau hampa.

Mempelajari seni ruang putih adalah kunci untuk menguasai cara membuat konten yang seimbang dan menarik untuk halaman arahan dan kampanye.

4. Warna

Saya tidak dapat melebih-lebihkan betapa pentingnya warna ketika memilih desain grafis untuk kampanye berbayar Anda. Baik Anda memilih palet yang cerah dan hidup atau nada yang redup dan merdu, pilihan warna memengaruhi keseluruhan suasana kampanye Anda.

Dalam desain, kita dapat mengelompokkan skema warna ke dalam kategori berdasarkan tempat mereka duduk di roda warna. Berikut adalah contoh sederhana dari roda warna:

Contoh Desain Grafis Roda Warna

Warna komplementer duduk saling berhadapan, seperti kuning dan ungu. Warna monokromatik, di sisi lain, hanyalah nuansa berbeda dari satu warna (seperti warna biru yang berbeda.)

Warna analog berada di samping satu sama lain, seperti oranye dan kuning, sedangkan warna triadik ditempatkan secara merata di seluruh roda (seperti kuning, merah, dan biru.)

Desain grafis melibatkan pemilihan palet warna untuk mendikte suasana hati atau mengomunikasikan respons emosional. Warna-warna berani dan warna-warna hangat, misalnya, memunculkan getaran yang berbeda dari warna-warna dingin atau warna-warna pastel yang lebih lembut.

Anda dapat bermain-main dengan kombinasi warna yang berbeda sampai Anda menemukan yang terasa pas.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan warna apa yang akan digunakan untuk semua elemen visual dan bagaimana mereka dapat bekerja sama. Jika Anda memilih teks hitam dan putih, pikirkan bagaimana ini dapat bekerja dengan skema warna untuk latar belakang dan visual yang Anda pilih. Skema warna yang tidak teratur dan terfragmentasi dapat merusak tampilan desain Anda.

5. Garis dan Bentuk

Dalam desain grafis, garis lebih dari sekadar menghubungkan titik-titik. Garis memiliki banyak tujuan artistik, seperti:

  • mengatur informasi dengan cara yang menarik
  • menciptakan suasana hati atau membangkitkan perasaan
  • membangun rasa gerakan atau momentum

Garis adalah alat yang sangat ekspresif. Mereka bisa menjadi:

  • lengkung
  • lurus
  • padat
  • burik
  • tebal
  • tipis
Desain Grafis Jenis Garis dan Bentuk Elemen Visual

Jenis garis yang Anda gambar bergantung pada pesan yang Anda coba kirimkan kepada audiens Anda.

Bentuk dalam desain grafis berarti bentuk yang terdapat dalam garis, seperti persegi panjang, kotak, lingkaran, dan sebagainya.

Ada dua jenis bentuk utama: organik dan geometris. Bentuk organik kurang terdefinisi dengan baik. Mereka termasuk bentuk alami, seperti daun, dan bentuk tidak beraturan atau melengkung, seperti vas. Tidak ada dua bentuk organik yang sama. Sebaliknya, bentuk geometris lebih sederhana. Mereka bisa 2D atau 3D, tergantung pada bentuknya, dan mereka termasuk bentuk seperti segitiga, persegi panjang, dan bola.

Dalam desain grafis, Anda dapat menggunakan perpaduan bentuk organik dan geometris, atau Anda dapat menggunakan satu kategori untuk desain yang lebih seragam.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Desain Grafis dalam Kampanye Berbayar

Apa itu desain grafis?

Desain grafis adalah sarana untuk membuat konten visual. Menggunakan perpaduan warna, citra, dan teks, desain grafis mengomunikasikan pesan tertentu dengan cara yang menarik secara visual.

Mengapa desain grafis penting dalam kampanye iklan berbayar?

Anda dapat menggunakan desain grafis untuk menyampaikan pesan merek Anda secara lebih efektif melalui kampanye iklan berbayar. Dengan citra yang tepat, iklan Anda dapat menonjol dari keramaian, yang sangat penting di ceruk yang ramai. Terlebih lagi, grafik profesional dapat membuat merek Anda tampak lebih autentik dan dapat dipercaya.

Bagaimana cara menggunakan desain grafis dalam kampanye iklan berbayar?

Desain grafis berfungsi dengan baik di platform media sosial visual seperti Instagram, tetapi Anda juga dapat menggunakannya pada iklan bergambar, halaman arahan, dan iklan belanja Google. Di mana pun ada peluang untuk menambahkan citra, elemen desain grafis yang tepat dapat membantu Anda membangun identitas merek yang konsisten secara online.

Elemen desain grafis apa yang harus saya sertakan dalam kampanye berbayar?

Idealnya, Anda bertujuan untuk memasukkan campuran elemen. Lima elemen kunci untuk dipilih adalah teks, warna, ruang, bentuk, dan visual. Anda tidak perlu menyertakan setiap elemen di setiap iklan, tetapi Anda harus menggunakan sebanyak mungkin untuk membuat desain yang menarik.

Kesimpulan Desain Grafis

Sebagai sebuah teknik, desain grafis sendiri bukanlah hal yang baru. Namun, jika Anda sedikit kreatif, Anda dapat menggunakan teknik yang telah dicoba dan diuji ini untuk membuat konten yang unik dan menawan untuk kampanye berbayar Anda.

Saat Anda mengerjakan desain grafis, pastikan untuk memeriksa berbagai alat pengeditan gambar dan desain grafis yang tersedia secara online. Anda juga harus mengevaluasi iklan yang berhasil di niche Anda untuk mencari tahu apa yang membuatnya istimewa dan mengidentifikasi bagaimana Anda dapat menggunakan temuan Anda untuk membuat konten Anda.

Terakhir, Anda dapat mempertimbangkan untuk memeriksa layanan konsultasi saya untuk melihat bagaimana saya dapat membantu Anda membawa kampanye berbayar Anda ke tingkat berikutnya.

Bagaimana Anda menggunakan desain grafis dalam kampanye berbayar Anda?

Konsultasi dengan Neil Patel

Lihat Bagaimana Agensi Saya Dapat Mengemudi Besar sekali Jumlah Lalu Lintas ke Situs Web Anda

  • SEO – membuka sejumlah besar lalu lintas SEO. Lihat hasil nyata.
  • Pemasaran Konten – tim kami membuat konten epik yang akan dibagikan, mendapatkan tautan, dan menarik lalu lintas.
  • Media Berbayar – strategi berbayar yang efektif dengan ROI yang jelas.

Pesan Panggilan

Daftar link wahyupoker
Daftar link waletqq
Daftar link wargaqq
Daftar link warnaqq
Daftar link warnetqq

Leave a Reply

Your email address will not be published.