10 Ide Untuk Materi Iklan YouTube yang Membunuh

Materi iklan adalah iklan yang ditayangkan kepada pengguna di media sosial atau platform media digital. Di YouTube, ini adalah iklan video yang paling sering dan dapat mencakup gambar, video, audio, dan teks. Saat digabungkan, elemen kreatif ini membentuk iklan video lengkap.

Iklan YouTube hanyalah cara lain untuk memperluas jangkauan Anda. Namun, untuk memastikan kampanye Anda paling efektif, Anda perlu memastikan bahwa Anda membuat materi iklan YouTube yang mematikan.

Artikel ini akan membahas sepuluh ide terbaik untuk membuat materi iklan YouTube yang mematikan. Di akhir postingan, Anda akan memahami cara memastikan materi iklan Anda sebaik mungkin.

10 Ide untuk Materi Iklan YouTube

Berikut adalah beberapa ide untuk membuat materi iklan YouTube terbaik untuk kampanye iklan video Anda.

1. Gunakan Elemen Kejutan

Di dalam survei pengguna Twitter, 43 persen responden mengatakan mereka akan menonton seluruh iklan video jika memiliki konten yang menarik. Di situlah unsur kejutan masuk.

Ada beberapa merek yang terkenal dengan konten iklannya yang aneh dan mengejutkan. Ini termasuk Skittles, Cheetos, Doritos, dan Old Spice. Konten mereka sering dimulai dengan nada yang relatif normal, tetapi kemudian berubah secara mengejutkan.

Lihatlah iklan YouTube Old Spice yang mereka jalankan sebelum Super Bowl LV:

Iklan dimulai dengan aktivitas terkait yang kemudian berubah menjadi fantastis dalam hitungan detik. Unsur kejutan di sini lucu dan sesuai dengan kejenakaan komersial merek yang biasa.

2. Jadilah Relatable

Bagian penting dari setiap iklan YouTube yang sukses adalah iklan tersebut dapat dikaitkan dengan audiens target Anda. Apa yang terlihat akan berbeda, tetapi berikut adalah beberapa tips untuk membantu.

Agar relatable, Anda harus terlebih dahulu mengetahui dengan siapa Anda berhubungan. Itu akan menjadi audiens target Anda. Mereka akan ditentukan oleh berbagai titik data, termasuk:

  • usia
  • jenis kelamin
  • Latar belakang pendidikan
  • daya beli
  • kelas sosial
  • lokasi
  • kebiasaan konsumsi

Dengan informasi itu di tangan, Anda dapat membentuk sebuah cerita yang menarik minat mereka atau mendorong pada titik yang menyakitkan. Materi iklan Anda akan disesuaikan dengan audiens tersebut menggunakan audio dan visual yang relevan.

Kuncinya adalah tidak berusaha terlalu keras untuk berhubungan. Itu harus datang secara organik dalam proses kreatif. Semakin baik Anda mengenal audiens Anda, semakin natural tampilannya.

3. Tingkatkan Materi Iklan YouTube Pesaing

Anda tidak perlu menemukan kembali roda untuk setiap materi iklan YouTube. Jika pesaing membuat iklan dengan ide yang tepat tetapi eksekusinya kurang bagus, ini memungkinkan Anda masuk dan meningkatkan.

Agar jelas, ini tidak berarti menjiplak karya pesaing Anda. Faktanya adalah, tidak ada ide yang benar-benar orisinal, tetapi setiap ide dapat dikembangkan dan ditingkatkan.

Untuk memulai, lihat iklan pesaing. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Bagaimana cara mendongeng dapat ditingkatkan?
  • Bagaimana audiens bisa ditargetkan dengan lebih baik?
  • Bagaimana audio/visual dapat ditingkatkan?
  • Materi iklan apa yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman?

Dengan beberapa ide tentang cara meningkatkan iklan video pesaing, kini Anda dapat bekerja untuk membuat kampanye dengan materi iklan video yang ditingkatkan. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan menerapkan sudut unik pada konsep materi iklan yang serupa.

4. Sertakan Ajakan Bertindak

Apakah Anda ingin iklan Anda mendidik, menginspirasi, atau mengonversi? Anda mungkin ingin mencapai setidaknya dua dari tiga. Alih-alih membuat audiens Anda bertanya-tanya apa yang harus mereka lakukan, beri tahu mereka.

Ajakan bertindak adalah pesan yang dengan jelas menyatakan tindakan apa yang Anda ingin audiens Anda lakukan. Anda akan sering melihatnya sebagai “Pelajari lebih lanjut” atau “Beli sekarang” secara online. Sering ada keraguan untuk memasukkan ajakan bertindak langsung karena mungkin tampak memaksa. Faktanya adalah, pemirsa akan tahu bahwa mereka sedang melihat iklan dan berharap diberi tahu apa yang harus dilakukan.

Jika Anda waspada dengan ajakan bertindak langsung, pertimbangkan pendekatan yang lebih halus. Mari kita lihat lagi iklan Old Spice dari atas:

Di akhir iklan, bintang terlihat memberi isyarat ke kanan atas pemutaran video. Dia menunjuk ke ajakan bertindak, yang sejalan dengan bagaimana YouTuber sering menunjukkan informasi tambahan atau video lain untuk dilihat. Ini adalah sentuhan yang halus, tetapi sentuhan yang menggunakan fitur bawaan YouTube untuk mendorong poin mereka lebih jauh.

5. Terus Bereksperimen

Dengan materi iklan, sangat penting untuk terus bereksperimen dan melacak keterlibatan pemirsa. Ini memastikan hasil yang lebih baik saat Anda mempelajari apa yang ditanggapi audiens Anda.

Apa yang harus Anda uji? Dalam hal pengujian, elemen materi iklan yang mencakup teks, warna font, dan ukuran dapat dimanipulasi untuk menguji keterlibatan pemirsa. Ini sangat penting dengan ajakan bertindak.

Elemen lain untuk diuji pada materi iklan video Anda meliputi:

  • dialog
  • musik latar versus tanpa musik latar
  • berbagai jenis musik latar
  • latar belakang visual
  • transisi visual

Untuk hasil terbaik, tetaplah menguji hanya satu elemen materi iklan dalam satu waktu. Anda dapat menjalankan pengujian multi-elemen setelah Anda memiliki data dari pengujian A/B awal ini.

6. Bercerita atau Narasi

Salah satu elemen dari iklan yang baik adalah kemampuan untuk menarik audiens Anda. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan storytelling. Sebuah cerita bisa informatif, menghangatkan hati, lucu, atau kombinasi dari ketiganya. Yang paling penting adalah Anda menarik penonton ke dalam cerita dengan materi iklan yang jelas.

Ambil contoh, iklan Subaru Forester “Imajinasi Orang Tua”. Ini dengan jelas menguraikan ketakutan semua orang tua saat remaja mereka turun ke jalan:

Kombinasi musik muram dan visual bolak-balik antara imajinasi dan kenyataan membawa cerita ke rumah. Ini adalah cerita yang cukup mudah untuk dipahami tanpa dialog dan yang menarik hati sanubari.

7. Buat Iklan Tampak Asli

Baik Anda bermaksud untuk menginformasikan, mendidik, atau mengonversi, iklan Anda tidak harus eksplisit dalam niatnya. Faktanya, iklan yang mencolok dan mencolok dapat berbahaya bagi keseluruhan kampanye pemasaran Anda.

Menurut HubSpot, 77 persen browser online mengatakan mereka lebih memilih filter iklan daripada blok iklan sepenuhnya. Pemirsa tidak menyukai iklan yang lebih menjengkelkan dan mengganggu, yang berarti industri perlu beradaptasi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan iklan bawaan, atau iklan yang tampaknya menjadi bagian dari lanskap, bukan terpisah darinya.

Ini semakin umum dengan influencer yang secara mulus memasukkan sponsor ke dalam konten video mereka. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan iklan yang lebih banyak dimainkan sebagai episode mini atau vlog daripada sebagai iklan.

8. Memasukkan Konten Buatan Pengguna

Konten buatan pengguna, atau UGC, adalah konten yang disediakan oleh pengguna sebenarnya dari layanan atau produk. Ini sering dalam bentuk ulasan, foto, atau video yang dikirimkan ke merek di situs media sosial atau melalui formulir umpan balik.

Dengan 54 persen pengguna internet memercayai konten ulasan online versus hanya 20 persen informasi yang mereka dapatkan dari merek itu sendiri, Anda tidak dapat mengecualikan UGC dari upaya pemasaran Anda.

Salah satu cara untuk memasukkan konten buatan pengguna ke dalam materi iklan YouTube adalah dengan ulasan pelanggan. Iklan video Grammarly yang menampilkan penulis, pembuat film, dan pengguna Grammarly ini adalah contoh sempurna dalam menggabungkan UGC ke dalam materi iklan YouTube:

9. Soroti Manfaatnya

Merek biasanya berfokus pada fitur dalam iklan. Namun, calon pelanggan sangat ingin melihat manfaat langsung.

Apa perbedaan antara fitur dan manfaat? Forbes menawarkan penjelasan singkat: Fitur adalah atribut produk atau layanan, sedangkan manfaat adalah keuntungan yang diperoleh pelanggan dari produk atau layanan.

Anda dapat menggunakan banyak ide di atas untuk menonjolkan manfaatnya. Ini termasuk menceritakan sebuah kisah atau menggabungkan UGC.

Banyak merek melakukan ini dengan baik, tetapi mungkin tidak ada yang sebaik Apple:

Iklan tersebut mencantumkan fitur teknis, sekaligus menunjukkan bagaimana fitur tersebut bermanfaat bagi konsumen. Anda tidak perlu mengorbankan fitur demi keuntungan; lebih bertujuan untuk menunjukkan keduanya.

10. Pertimbangkan Perangkat

YouTube, seperti banyak platform media digital, dioptimalkan untuk digunakan di berbagai perangkat. Konten videonya dan, oleh karena itu, iklannya juga dioptimalkan dengan cara yang hampir sama. Ini memastikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna apakah mereka menggunakan desktop atau seluler.

Dengan mengingat hal ini, pertimbangkan untuk mengoptimalkan materi iklan agar berfungsi di berbagai perangkat. YouTube mendorong hal ini dengan kemampuan untuk mengunggah beberapa versi dari satu iklan video dalam rasio aspek yang berbeda.

Video YouTube dapat diunggah dalam rasio persegi, vertikal, dan lanskap untuk memberikan layanan terbaik kepada semua pengguna YouTube. Ini mungkin memerlukan sedikit kerja ekstra untuk memastikan pengalaman penuh dapat dilihat di semua rasio aspek, tetapi itu sepadan dengan usaha. Dengan mengunggah video Anda dalam berbagai rasio, Anda memastikan Anda menjangkau pemirsa yang lebih luas.

3 Contoh Materi Iklan YouTube yang Sukses

Sekarang, mari kita lihat beberapa:

1. HaloSegar

Video resep dan GIF telah mengambil alih umpan berita media sosial selama beberapa tahun terakhir. HelloFresh memanfaatkan ini dengan iklan video resep mereka.

Merek biasanya menggunakan influencer dan tokoh TV (dalam hal ini, Antoni Porowski) sebagai koki yang terinspirasi dari rumah. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan hubungan influencer dengan pemirsa setia mereka, sehingga membuat mereka lebih mungkin menonton seluruh iklan.

2. Selalu

Ada peningkatan tajam dalam merek yang menggunakan platform mereka untuk menarik perhatian pada masalah serius. Namun, Always mempelopori bentuk ini untuk iklan video.

Gaya dokumenter dari iklan video Always #LikeAGirl menceritakan sebuah kisah dengan cara yang menyenangkan. Iklan menarik pemirsa dan membangkitkan perasaan harapan dan inspirasi.

3. Skittles

Jika Anda berharap untuk tertawa, maka Skittles tidak akan mengecewakan.

Skittles, mirip dengan Old Spice dan Doritos, menggunakan elemen kejutan secara teratur dalam iklan videonya. Meskipun penggunaan kejutan secara teratur mungkin tampak kontradiktif, merek selalu mengalahkan dirinya sendiri, yang membuat pemirsa tetap terlibat.

Pertanyaan Umum Tentang Materi Iklan YouTube

Apa dasar-dasar materi iklan YouTube?

Menurut Google, dasar-dasarnya paling baik disimpulkan sebagai:

  • Menarik: Menarik perhatian konsumen.
  • Merek: Bantu konsumen mendengar atau memvisualisasikan merek Anda.
  • Menghubung: Buat konsumen merasakan sesuatu tentang merek Anda.
  • Langsung: Mendorong konsumen untuk mengambil tindakan.

Apa yang membuat iklan YouTube yang bagus menjadi kreatif?

Di luar dasar-dasar, materi iklan yang baik akan mengikuti alur cerita tradisional. Ini berisi lima elemen, yaitu lead-in, build, klimaks, penawaran, dan branding.

Apa spesifikasi iklan YouTube yang ideal?

Jenis materi iklan apa yang paling berhasil?

Keindahan dari banyak platform media sosial dan digital adalah kemampuan untuk membuat berbagai jenis materi iklan untuk berbagai kelompok audiens Anda. Maka, jenis materi iklan yang paling sukses akan bervariasi menurut platform.

Di YouTube, jenis materi iklan yang paling sukses adalah video. Hal yang sama mungkin tidak berlaku untuk Instagram atau Facebook.

Kesimpulan Materi Iklan YouTube

Setelah Anda menyelesaikan pembuatan iklan YouTube, bagian yang sulit telah selesai. Anda dapat menghabiskan sisa waktu Anda untuk aspek yang menyenangkan, termasuk memastikan pembuatan materi iklan yang menyenangkan dan efektif.

Panduan di atas akan membantu Anda menerapkan ide-ide baru ke dalam proses kreatif Anda dan menginspirasi Anda untuk membuat konten iklan sebaik mungkin. Itu tidak berarti Anda akan selalu membuat iklan yang “sempurna”, tetapi Anda dapat mempelajari materi iklan apa yang paling cocok untuk audiens Anda melalui eksperimen dan pengujian.

Manakah dari elemen di atas yang disertakan dalam iklan video YouTube favorit Anda?

Konsultasi dengan Neil Patel

Lihat Bagaimana Agensi Saya Dapat Mengemudi Besar sekali Jumlah Lalu Lintas ke Situs Web Anda

  • SEO – membuka sejumlah besar lalu lintas SEO. Lihat hasil nyata.
  • Pemasaran Konten – tim kami membuat konten epik yang akan dibagikan, mendapatkan tautan, dan menarik lalu lintas.
  • Media Berbayar – strategi berbayar yang efektif dengan ROI yang jelas.

Pesan Panggilan



Daftar link rubyqq
Daftar link rupiahqq
Daftar link sahabatqq
Daftar link satuqq
Daftar link senangpoker

Leave a Reply

Your email address will not be published.